Mempertemukan Semesta Guru dan Peserta Didik dalam Metode Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Abstrak
Peserta didik merupakan cikal bakal manusia, yang memerlukan bimbingan maupun pimpinan dari orang dewasa. Karenanya, peserta didik memiliki jagad sendiri yang membutuhkan pemahaman dalam rangka memberi penanganan yang tepat, menuju pribadi yang mulia. Peserta didik memiliki dua dimensi sebagaimana pada manusia umumnya, yakni fisik dan psikis. Dalam praktik pembelajaran, perlakuan atas dimensi fisik peserta didik harus sebangun dengan perkembangan psikisnya. Bahkan aspek psikis mesti menjadi perhatian utama dalam mendidik. Kehadiran guru sebagai insan dewasa dituntut untuk mampu menjawab dimensi-dimensi peserta didik. Meskipun demikian, guru juga memiliki jagad sendiri, yang menuntut persiapan-persiapan untuk menjalani tanggung jawabnya. Guru merupakan posisi istimewa di tengah masyarakat, karena menjadi tumpuan dan harapan dalam mendidik generasi penerus. Jawaban atas kepercayaan tersebut adalah membangun kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan, meliputi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Modal tersebut akan memudahkan guru dalam menjembatani kebutuhan-kebutuhan peserta didik. Guru dapat memahami aspek-aspek psikologis seperti motivasi, minat, maupun perilaku displin peserta didik. Medan utama pertemuan guru dan peserta didik adalah dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk terbangunnya kompetensi guru adalah adaptasi terhadap perkembangan strategi pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif. Diyakini bahwa pembelajaran kooperatif dengan berbagai variannya, adalah jawaban atas kompleksitas dari masalah-masalah peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Semesta Guru dan Siswa, Kompetensi
Abstract
Students are the forerunner of humans, who need guidance and leadership from adults. Therefore, students have their own universe that requires understanding in order to provide appropriate handling, towards a noble person. Learners have two dimensions as in general humans, namely physical and psychological. In the practice of learning, treatment of students' physical dimensions must be in harmony with their psychological development. Even the psychological aspect must be a major concern in educating. The presence of the teacher as an adult is required to be able to answer the dimensions of students. Even so, the teacher also has his own universe, which demands preparation to carry out his responsibilities. The teacher is a special position in the community, because it becomes the foundation and hope in educating the next generation. The answer to that trust is to build the competencies needed, including pedagogical, personal, professional, and social. The capital will facilitate teachers in bridging the needs of students. The teacher can understand the psychological aspects such as motivation, interest, and disciplinary behavior of students. The main field of meeting of teachers and students is in the learning process. One form of building teacher competence is adaptation to the development of learning strategies, one of which is cooperative learning. It is believed that cooperative learning with its various variants is the answer to the complexity of the problems of students.
Keywords: Cooperative Learning, Universe of Teachers and Students, Competence
Full Text:
PDFReferences
Ade, Fadli Ade. "Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Swasta Mareku." PhD diss., Universitas Negeri Gorontalo, 2014.
Ahmadi, H. Abu, and Widodo Supriyono. Psikologi belajar. Rineka Cipta, 1991
Anita, N. M. Y., I. W. Karyasa, and I. Nyoman Tika. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Self-Efficacy Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3, no. 1 (2013).
Danial, Muhammad. "Menumbuhkembangkan Kesadaran dan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa Jurusan Biologi melalui Penerapan Strategi PBL dan Kooperatif GI." BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 1, no. 2 (2010).
Fathurrohman, Pupuh, A. A. Suryana, and Fenny Fatriani. Pengembangan pendidikan karakter. PT Refika Aditama, 2013
Febrina, Nuansa Ayu, and Isroah Isroah. "Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X Ak 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 2 (2012).
Hamalik, Oemar. "Belajar dan pembelajaran." Jakarta: Bumi Aksara (2003).
Harahap, Nurmahni. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di MTsN Model Banda Aceh." Jurnal Visipena 4, no. 2 (2013).
Handayani, K. D. "Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD." Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD (2010).
Handayani, Sri. "Sapir.(2009). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Respon Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Malang." Jurnal Pendidikan Ekonomi 2, no. 1: 38-52.
Hertiavi, M. A., H. Langlang, and S. Khanafiyah. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, no. 1 (2016).
Ibrahim, Muslimin. "dkk. 2000." Pembelajaran kooperatif (2001)
https://wandhie.wordpress.com/pengertian-kedisiplinan/diakses 17 Agustus 2018
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html diakses 17 Agustus 2018
http://abdulgopuroke.blogspot.com/2017/02/model-pembelajaran-koperatif-tipe-tgt.html, diakses 17 agustus 2018
https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, diakses 17 agustus 2018
Kartika, I. Komang, I. Nyoman Kanca, and I. Ketut Semarayasa. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli." Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha 2, no. 1 (2014).
Listiana, Lina. "Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write)." In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, vol. 10, no. 1. 2013.
Lubis, Asneli. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan." Jurnal Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2012)
Maryani, Ika. "Pembelajaran Kooperatif Gi (Group Investigation) Berbantuan Media Laboratorium Virtual Dilengkapi Handout Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar." PhD diss., Universitas Sebelas Maret, 2010.
Nirmalasari, Julia. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik." Mandarin Unesa 1, no. 01 (2016)
Ningtiyas, Pitriya, and Heri Siswaya. "Penggunaan metode kooperatif tipe TGT dilengkapi modul dan LKS ditinjau dari aktivitas siswa." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 3, no. 1/april (2012)
Nur, Mohamad, and Prima Retno Wikandari. "Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran." Surabaya: Unesa (2000)
Nurhayati, Indra. "Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK." Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK (2007).
Pasaribu, Hasnawati. "Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 0411 Pasar Ujung Batu." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1, no. 2 (2017)
Purnamasari, Yanti. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya." PhD diss., Universitas Terbuka, 2013
Rahayu, Riska. "Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)." PhD diss., UNIMED, 2014
Rejeki, Ning Endah Sri. "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viii G Semester 2 Smp Negeri 2 Toroh Grobogan." Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 3, no. 2 (2009).
Risdiawati, Yania Risdiawati. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012." Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia 1, no. 2 (2012).
Rusli, Rusli, and Suhardi Suhardi. "Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar di SDN Mangasa I Kelurahan Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa." Jurnal Mitrasehat 7, no. 1 (2017): 195-208.
Rusmawati, Putu Enny, I. Made Candiasa, M. I. Kom, I. Made Kirna, and M. Si. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013." Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 3 (2001).
Santyasa, I. Wayan, Nyoman Subratha, and I. N. P. Suwindra. "Keefektipan Model Rekonstruksi Kognitif dan Teknik-Teknik Kooperatif GI, Murder, dan STAD Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA." dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja 4 (2005)
Sharan, Shlomo. Hanbook of Cooperative Learning Methods The Greenwood Educator's Reference Collection. Greenwood Press, 1994.
Slameto, Belajar, and Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. "Rineka cipta." Ja-karta, cetakan empat (2003)
Slavin, Robert E. "Cooperative learning." Review of educational research 50, no. 2 (1980)
Solihatin, Etin. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Turnament (TGT)." Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 13, no. 1 (2013)
Sri, Anak Agung. "Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif gi terhadap pemahaman konsep kimia dan kemampuan berpikir kreatif siswa sman 3 denpasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 2, no. 1 (2012)
Sudarsono, Joko. "Menumbuhkan minat belajar untuk mencapai sukses dalam studi." Sejarah Remaja Gen 2, no. 4 (2000)
Sugandi, Asep Ikin. "Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif Jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMA." Infinity Journal 2, no. 2 (2013)
Sulasti, Ni Wayan. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2012/2013." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 1, no. 4 (2013).
Sumantri, Bambang. "Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournamen (TGT) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Pelem 2 Ngawi." Media Prestasi 13, no. 1 (2014)
Sunilawati, Ni Made, Nyoman Dantes, and I. Made Candiasa. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD." PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3, no. 1 (2013)
Suryabrata, Sumadi. Psikologi pendidikan. PT Rajagrafindo, 2005.
Susanto, Joko. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD." Journal of Primary Education 1, no. 2 (2012).
Susilo, H. "Pembelajaran kooperatif jigsaw ii sebagai strategi pemberdayaan berpikir dalam pembelajaran IPA Biologi." Makalah disajikan dalam rangka Pelatihan Pemberdayaan Berpikir pada Pembelajaran IPA Biologi dalam rangka RUKK VA di Malang 25 (2005).
Suwastana, I. Wayan. "Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together Siswa Kelas V SDN No 1 Tonggolobibi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn." Jurnal Kreatif Tadulako Online 4, no. 1 (2016)
Syah, Muhibbin. Psikologi belajar. PT Rajagrafindo Persada, 2003.
Syahrir, S. Pd. "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram)." Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa (2012)
Winataputra, Udin S. "Model-model pembelajaran Inovatif." Jakarta: PAU (2001)
Wiratana, I. Ketut, Wayan Sadia, and Ketut Suma. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3, no. 1 (2013)
Yasmin, Faizatul Lutfia, Anang Santoso, and Sugeng Utaya. "Hubungan Disiplin dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1, no. 4 (2016)
Yuni Lutfiana, D. I. A. N. "Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV Dan V SD Muhammadiyah 7 Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.