Landscape Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam (Kajian di MAN 1 Konawe Selatan)
Abstract
Lembaga pendidikan, pada jalur dan jenjang apapun, tidak berada pada ruang kosong. Meskipun bersifat statis, tetapi keberadaan manusia di dalamnya menyebabkannya menjadi sangat dinamis. Pada lembaga pendidikan, dinamika sudah dimulai ketika melakukan perintisan, yaitu menangkap kebutuhan-kebutuhan terkini dari pelanggan. Semakin tinggi lagi dinamikanya ketika menghadapi kompetisi dengan sekolah-sekolah lain dalam merebut kepercayaan masyarakat. Karenanya pengembangan lembaga pendidikan merupakan sebuah keharusan, termasuk yang dilakukan di MAN 1 Konawe Selatan. Kajian sederhana ini mendeskripsikan berbagai hal yang terjadi dalam proses pengembangan kelembagaan MAN 1 Konawe Selatan, antara lain: profil dan perkembangan, sarana prasarana, peserta didik dan mutu pendidikan, biaya pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya sekolah. Penelusuran empirik menggunakan pendekatan kualitatif-deksriptif, dengan melakukan wawancara, mengamati, dan membaca dokumen. Data dianalisis dengan melakukan reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan MAN 1 Konawe Selatan merupakan hasil perjuangan panjang dari masyarakat, yang dimulai dari status swasta hingga menjadi sekolah negeri. Sarana prasarana senantiasa ditingkatkan untuk menjawab kebutuhan peserta didik. Demikian juga guru menunjukkan komitmen dalam perbaikan mutu pendidikan. Keberadaan kepala sekolah menjadi titik simpul dari berbagai upaya yang dilakukan warga sekolah, terutama dalam membangun budaya sekolah yang menunjukkan ciri khas MAN 1 Konawe Selatan.
Kata Kunci: Pengembangan Organisasi, Tranformasi, Madrasah
Full Text:
PDFReferences
Badarwan, Badarwan. "Perilaku Sukarela di Pesantren: Karakter Langka di tengah Pusaran Pragmatisme SDM Lembaga Pendidikan." Shautut Tarbiyah 38, no. 24 (2018): 19-36.
Bennis, Warren G. "Organization development: Its nature, origins, and prospects." (1969).
Bolman, Lee G., and Terrence E. Deal. Reframing organizations. San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1991.
Bungin, Burhan. Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana, 2007.
Burnes, Bernard. "Kurt Lewin and the planned approach to change: a re‐appraisal." Journal of Management studies 41, no. 6 (2004): 977-1002.
Gibson, James L., John M. Ivancevich, and James H. Donnelly. Organizations: structure, processes, behavior. Business Publications, Incorporated, 1973.
https://lovenadewi.wordpress.com/mata-kuliah-an/pengembangan-organisasi/diakses 12 Mei 2019
Kasali, Rhenald. Disruption: tak ada yang tak bisa diubah sebelum dihadapi motivasi saja tidak cukup. PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.
Koesmono, H. Teman. "Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan pada sub sektor industri pengolahan kayu skala menengah di Jawa Timur." Jurnal manajemen dan kewirausahaan 7, no. 2 (2006): 171-188.
Luthans, Fred, and Bruce J. Avolio. "Authentic leadership development." Positive organizational scholarship 241 (2003)
McGill, Michael E., John W. Slocum Jr, and David Lei. "Management practices in learning organizations." Organizational dynamics 21, no. 1 (1992).
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, Michael A. Huberman, and Michael Huberman. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage, 1994.
Oemar, Yohanas. "Pengaruh Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenhsip Behavior (OCB) Pegawai pada BAPPEDA Kota Pekanbaru." Jurnal Aplikasi Manajemen 11, no. 1 (2013): 65-76.
RELIGIO-TRANSFORMASIONAL, K. E. P. E. M. I. M. P. I. N. A. N., SYAHRUL MARHAM, and IHWAN FAUZI. "EKSEKUTIF SUMMARY."
Robbins, Stephen P., David A. DeCenzo, and Mary K. Coulter. Fundamentals of management: Essential concepts and applications. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall, 2008.
Schein, Edgar H. Organizational culture and leadership. Vol. 2. John Wiley & Sons, 2010.
Stoner, James AF, R. Edward Freeman, and D. R. Gilbert. "Management Prentice-Hall." (1997).
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.
Syahrul, Syahrul. "Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement)." Al-Ta'dib 6, no. 1 (2013): 150-163.
Syahrul, Syahrul. "Tanggung Jawab Sosial Pesantren: Studi pada Pondok Pesantren Al Munawwarah Pondidaha, Konawe." Shautut Tarbiyah 37, no. 23 (2017): 120-134.
Syahrul, Syahrul. "Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman Iain Kendari)." Al-Ta'dib 9, no. 1 (2016): 162-181.
TAURISA, Chaterina Maulina, Indi DJASTUTI, and Intan Ratnawati. "Analisis pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dalam meningkatkan kinerja karyawan (Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang)." PhD diss., Diponegoro University, 2012.
Umar, Munirwan. "Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 18-29.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.