Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan tingkat dasar memerlukan penanganan serius dalam penanaman dasar-dasar pendidikan. Peserta didik pada jenjang ini memerlukan kesiapan mental dan fisik agar dapat menyesuaikan diri dalam proses pembelajaran. Sebagai peserta didik yang sepenuhnya dibimbing oleh orang dewasa, diperlukan desain terciptanya kondisi yang dapat menumbuhkan kesiapan mereka dalam belajar. Variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar merupakan variabel yang terhubung kuat dengan kesiapan belajar siswa pada tingkat sekolah dasar. Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak, sehingga kondisi rumah dan terutama orang tua mesti mendukung proses seorang anak dalam meningkatkan kualitas belajar. Perhatian orang tua harus terwujud dalam sebuah ikhtiar sistematis untuk menyiapkan sang anak memasuki dunia sekolah. Perhatian orang tua tidak diwujudkan dalam aspek-aspek yang bernilai hedonis-permisif. Keluarga harus dapat menunjukkan energi motivatif bagi kesiapan belajar. Memasuki lingkungan sekolah, iklim belajar mesti dapat diciptakan sehingga peserta didik merasakan pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan. Keberadaan guru juga harus menjadi penggerak siswa untuk mencintai pembelajaran. Suntikan motivasi secara terus-menerus harus dapat dilakukan oleh para guru, dalam berbagai bentuk, dengan cara-cara yang inovatif. Kolaborasi antara lingkungan keluarga dalam bentuk perhatian orang tua dan lingkungan sekolah dalam bentuk penumbuhan motivasi belajar diyakini memiliki pengaruh kuat pada kesiapan belajar siswa pada tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Motivasi, Perhatian Orang Tua
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap Fenomena (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009)
Bangun, Darwin. "Hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar, dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi." Jurnal ekonomi dan pendidikan 5, no. 1 (2008).
Djaali, Psikologi Pendidikan ( Jakarta : Bumi Aksara, 2011)
Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Dwija, I. Wayan. "Hubungan antara konsep diri, motivasi berprestasi dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Sosiologi pada siswa kelas II Sekolah Menengah Atas unggulan di Kota Amlapura." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 41, no. 1 (2008).
Fatchurrohman, Rudy. "Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif." Innovation of Vocational Technology Education 7, no. 2 (2011).
Halimah, Nur, and Fajar Kawuryan. "Kesiapan memasuki sekolah dasar Pada anak yang mengikuti pendidikan TK dengan yang tidak mengikuti pendidikan TK di kabupaten kudus." Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR 1, no. 1 (2010): 1-8.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Handoko, Martin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Yogyakarta: Kanisius, 2010)
Kurniawan, Didik, and Dhoriva Urwatul Wustqa. "Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP." Jurnal riset pendidikan matematika 1, no. 2 (2014): 176-187.
Mawarsih, Siska Eko, and Nurhasan Hamidi. "Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo." Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi 1, no. 3 (2013).
Mulyani, Dessy. "Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar." Konselor 2, no. 1 (2013).
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran (Jakarta: Delia Press, 2004),
Nidhom, Ahmad Mursyidun, Ahmad Sonhadji KH, and Dwi Agus Sudjimat. "Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu." Innovation of Vocational Technology Education 11, no. 1 (2015).
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Press 2017)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Rahmattika, Nur Indah. "Pengaruh Kesiapan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010." PhD diss., Universitas Negeri Semarang, 2011.
Sugihartono, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: UNY Press 2007)
Sulistyaningsih, Wiwik. "Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan pra sekolah anak dan tingkat pendidikan orangtua." (2005).
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan ( Jakarta: Rajawali Perss, 2009)
Wahyuni, Dwi. "Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005." PhD diss., Universitas Negeri Semarang, 2005.
Widyaningtyas, Anisa, and Yohanes Radiyono. "Peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati." Jurnal Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2013): 136-143.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.