MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU FALAK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BEBAS
Abstract
Telah dilakukan riset penerapan pembelajaran eksperimen bebas
dalam upaya meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa pada
mata kuliah ilmu falak. Riset ini menggunakan konsep trial and error
(coba-coba) dalam mata kuliah ilmu falak dengan sampel 11 orang
mahasiswa pada Program Studi Muamalah Jurusan Syariah STAIN
Sultan Qaimuddin Kendari pada semester ganjil tahun akademik
2010/2011. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa : 1) Penerapan
pembelajaran eksperimen bebas dapat meningkatkan minat dan
pemahaman mahasiswa pada mata kuliah ilmu falak terutama pada
pokok bahasan tata kordinat subpokok bahasan peredaran matahari,
pokok bahasan kedudukan matahari pada awal waktu, dan pokok
bahasan penentuan arah kiblat dengan menggunakan bayang-bayang
matahari, 2) Pembelajaran dengan penerapan pembelajaran
eksperimen bebas dapat lebih mengaktifkan siswa untuk menyusun
pengetahuan ilmu falak secara mandiri, 3) Dosen dapat menerapkan
pembelajaran eksperimen bebas secara baik sebagai alternatif
pembelajaran ilmu falak dengan catatan dilakukan latihan serta
pengulangan, dan 4) Mahasiswa dapat melakukan penerapan
pembelajaran eksperimen bebas dengan baik sangat dipengaruhi oleh
kreativitas dosen dalam membimbing mahasiswa sebagai fasilitator
dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : pembelajaran eksperimen bebas, minat dan pemahaman,
ilmu falak.