Mengembangkan Kreatifitas Motorik Halus Anak dengan Finger Painting Menggunakan Tepung Sagu di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara
Abstract
Penelitian ini adalah classroom action atau Tindakan kelas, memiliki tujuan untuk
meningkatkan hasil belajar seni menggambar dan melukis berbahan Sagu dengan
menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini diharapkan pengembangan kreativitas
motorik halus anak dengan mempergunakan pinger painting berbahan Sagu akan meningkat
dan lebih bermakna. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Ikhlas
Konawe Selatan Sulawesi Tenggara dengan jumlah anak 17 orang. Penelitian dilaksanakan
pada Bulan Juli-September 2019, dengan mempergunakan metode pada empat tahapan yaitu;
1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3). tahap pengamatan, dan 4) tahap refleksi,
yang dilakukan pada dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar motorik halus anak yang Belum Berkembang (BB) dengan nilai presentase (46%).
Siklus I peserta didik yang Belum Berkembang (BB) mengalami pengurangan sebanyak 3
anak dengan nilai persentase sebesar (23%) dan siklus II pada pertemuan kedua tidak
ditemukan lagi anak yang Belum Berkembang (BB). Peserta didik yang Berkembang Sangat
Baik (BSB) pada siklus II pertemuan kedua 10 orang mengalami peningkatan sebesar (77%),
sehingga dapat dikatakan berhasil berdasarkan indikator tingkat pencapaian di atas 75%.
Kata Kunci:Kreativitas, Motorik Halus, Finger Painting, Sagu, Anak Usia Dini 5-6 tahun
Full Text:
PDFReferences
Al-Khalili, Amal Abdus-Salam., (2005, Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka
Al-Kautsar.
Hamdani, Asep Saepul., 2002, Pengembangan Kreativitas, Jakarta: Pustaka As-Syifa,
http://ramlimpd.blogspot.com/2010/10/faktor-pendukung-dan-penghambat.html
Harsanto, P.B., 2010. Budidaya dan Pengolahan Sagu. Kanisius. Yogyakarta.
Haryanto,B. & Pangloli, P., 2009. Potensi dan Pemanfaatan Sagu. Kanisius. Yogyakarta.
Lia Hudiani Jannah, Faktor Pendukung dan Penghambat Kreativitas anak, dikutip
dari http://pkaud.blogspot.com/ di akses pada tanggal 12-11-2012
Munandar, Utami., 2004, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Asdi
Mahasatya.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. 2009. Jakarta : Rineka Cipta.
Rachmawati, Yeni & Euis Kurniawati., 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak.
Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Susanto, Ahmad., 2011, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana, 2011.
Syafaruddin & Herdianto, Pendidikan Pra Skolah, Medan : Perdana Publishing.
Yuwono, Trisno., 2003, Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Arkola.
Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia
Dinihapidin1-Yenina2jln. Rawamangun Muka Raya, 13220, Jakarta Timuremail:
Dema Yulianto, dkk., 2016, Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman
Kanak-kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri, Jurnal Articel Pendidikan
Anak Usia Dini
Masitoh dkk., 2005, Strategi Pembelajaran TK. Jakarta.
Patmonodewo, Soemiarti,. 2003, Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Siti Aisyah dkk,. 2007, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Nurani,. 2009 Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT
Indeks.
Suriati, S., Kuraedah, S., & Erdiyanti, E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
Mary Mayesky, 1990, Creative Activities for Young Children. (New York: Delmar Publishers
Inc.
Reni Akbar Hawadi,. 2001, Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sikap Bakat dan
Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.
Ardy Novan Wiyani., 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta : Gava
Media.
Arikunto Suharsimi., 2014, dkk,Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Bumi Aksara.
Decaprio Rachard., 2013, Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta :
DIVA Press.
Decaprio Richard., 2013, Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Disekolah, Jakarta : Diva
Pres.
Desmita., 2009, Psikologi Perkembangan, Bandung : Rosdakarya.
Haryati Nur Dewi., 2017, Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Finger
Painting, Salatiga : IAIN Salatiga.
Hidayani., 2011, Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock Elizabeth., 1978, Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta : Erlangga.
Indrawari Lolita, Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik di TK
Pembina Agama, (Jurnal Pesona PAUD Vol.1.No.1 Lolita Indraswari), (Online),
(Diunduh Tanggal 27 Agustus 2019).
Intan Sari Heni, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger
PaintingPada Anak Kelompok B di TK Goemerlang Bandar Lampung, ( Skripsi
PGRA IAIN Raden Intan Lampung), (Online), (diunduh tanggal 25 April 2019).
Kartini. (Tt). Model Pembelajaran Atraktif di taman kanak-kanak, Widyaiswara PPPG
Tertulis Bidang Studi Keguruan. (Online). Tersedia :
http//bawanaguru.blogspot.com/.(10 Mei 2012).
Kunandar., 2012, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kela, Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Machmud Hadi., 2010, Psikologi Perkembangan, Kendari : CV. Shadra.
Montolalu B.E.F., 2009, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka
Musbikin Imam, Tumbuh Kembang Anak, Yogyakarta : Flash Book, 2012.
Mutiah., 2010, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta : Kencana Prenada
Media Group.
Pamadhi Hajar., 2012, dkk, Seni Keterampilan Anak. Tanggerang Selatan : Universitas
Terbuka.
Pekerti Widia., 2015, Metode Pengembangan Seni, Jakarta : Modul Universitas Terbuka.
Samsudin, dkk., 2013, Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta :
Prenada. Santoso Ahmad,. 2011, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.
Samsudin, dkk., 2013, Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Prenada
Media.
Santi Susanti., 213, Afektif dan Psikomotor Yogyakarta : Kanisius, 2013.
Soetjiningsing., 2013, Tumbuh Kembang Anak Edisi II, Jakarta : EGC, 2013.
Yasyin Sulchan., 1995 Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan EYD dan Kosakata Baru.
Surabaya : Amanah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.