Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Artikel ini bertujuan menguji pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Abuki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa adalah positif dan signifikan. Kesimpulan ini mengandung makna bahwa kondisi ekonomi orang tua yang baik memiliki arah positif dan nyata dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonoomi, Motivasi Belajar
Abstract
This article aims to examine the effect of socio-economic conditions on student motivation at SMAN 1 Abuki. The research was conducted using a quantitative approach through correlational techniques. The results showed that the effect of the economic conditions of parents on student motivation is positive and significant. This conclusion implies that the economic conditions of good parents have a positive and real direction in increasing student achievement.
Keywords: Socio-Economic Conditions, Learning Motivation
Full Text:
PDFReferences
Asrori, M., & Ali, M. (2011). Psikologi remaja. Aksara, Jakarta.
Ashari. (2019). Wawancara, Abuki.
Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 49-58.
Darmawati, J. (2017). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90.
Departemen Agama, R. I. (2005). Al-Qur’an dan terjemahan. Jakarta: PT Syaamil Cipta Media.
Emria Fitri. Nevivarni S. & Ifdil. (2016). Psikologi Pendidikan & Konseling.
Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39-61.
Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.
Ibrahim. (2019). Wawancara, Abuki.
Jatmiko, R. P. (2017). Status sosial ekonomi, gaya, dan prestasi belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 11(1), 38-53.
Mawanda. (2019). Wawancara, Abuki.
Misnawati, A., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Sosial Ekonomi Keluarga Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Kelas X SMK Widya Praja Ungaran. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 96-109.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, T. A., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Gaya Belajar, Motivasi Belajar, dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Hasil Belajar. Economic education analysis journal, 6(1), 188-201.
Nutrisiana, D. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar, dan Kemampuan Sosial-Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Asror Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2).
Oktama, R. Z. (2013). Pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap tingkat pendidikan anak keluarga nelayan di Kelurahan Sugihwaras Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Ompusunggu, D. M. (2018). PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA KARTIKA SILIWANGI XIX-1 BANDUNG (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Pertiwi, S. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Jombang 2 Ciputat. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 41-49.
Rahayu, W. P. (2012). Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 65-71.
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.
Rosalina, T. (2012). Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar. Manajemen Pendidikan, 23(6), 434-435.
Pertiwi, S. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Jombang 2 Ciputat. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 41-49.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Satria, Wawancara, Abuki, 2019.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian.
SHOLIKAH, S. M. A. (2019). PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG.
Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1-21.
Sudarwanto, B. (2018). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 116-121.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Susilo, Y. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2).
Syahrum, S., & Salim, S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 187-200.
Taormina, R. J., & Gao, J. H. (2013). Maslow and the motivation hierarchy: Measuring satisfaction of the needs. The American journal of psychology, 126(2), 155-177.
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan.
Wulandari, R., & Asriati, N. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.