Peran-Peran Kepemimpinan dalam Peningkatan Kinerja di Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Artikel ini bertujuan memberikan gambaran tentang peran-peran kepemimpinan dalam peningkatan kinerja lembaga pendidikan. Pandangan ini didasarkan pada paradigm kepemimpinan transformasional yang menegaskan bahwa kejayaan ataupun kemunduran suatu organisasi sangat ditentukan oleh kepemimpinan. Karenannya dibutuhkan penerapan fungsi-fungsi kepemimpinan dalam rangka kemajuan suatu organisasi. Misi ini juga berlaku pada lembaga pendidikan yang secara terbuka sedang mengalami kondisi yang penuh persaingan. Untuk dapat memenangkan persaingan, maka kinerja perlu ditingkatkan, yang ditopang oleh kepemimpinan yang relevan. Artikel ini menemukan penerapan fungsi-fungsi kepemimpinan yang tepat di Ummushabri, yang dalam kajian ini dibatasi pada tingkat MI. Terlihat jelas bahwa kinerja unggul dari warga sekolah merupakan hasil dari kepemimpinan yang baik.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja, Kualitas
Abstract
This article aims to provide an overview of leadership roles in improving the performance of educational institutions. This view is based on the transformational leadership paradigm which emphasizes that the success or decline of an organization is largely determined by leadership. Therefore, it is necessary to apply leadership functions in the context of the progress of an organization. This mission also applies to educational institutions that are openly experiencing competitive conditions. To be able to win the competition, performance needs to be improved, which is supported by relevant leadership. This article finds the proper implementation of leadership functions in Ummushabri, which in this study is limited to the MI level. It is clear that the superior performance of school members is the result of good leadership.
Keywords: Leadership, Performance, Quality
Full Text:
PDFReferences
Apriani, F. (2011). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepemimpinan terhadap Efektivitas Kerja. Bisnis & Birokrasi Journal, 16(1).
Arbain, M. (2018). Peran Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Tenaga Kependidikan. Misykat Al-Anwar, 29(2).
Bowo, B. (2020). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 1 NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2020. Dharma Pendidikan, 15(2), 93-106.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
De Vries, M. K. (1996). Leaders who make a difference. European Management Journal, 14(5), 486-493.
Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 53-64.
Herlinda, H. (2019). KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GLOBAL DALAM KONTEKS KOMUNIKASI ORGANISASI. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 38-50.
Islamiah, M. H., Djastuti, I., & Mas’ud, F. (2018). KEPEMIMPINAN MULTIBUDAYA (Studi Fenomenologi Pada PT. Terminal Petikemas Surabaya). SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(1).
Kartini Kartono. (2013). Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Kasidah, Murniati dan Bahrun, Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada sekolah dasar luar biasa negeri banda aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Uneversitas Syiah Kuala, Volume 5, No. 3, Agustus 2017 -128
Keller, R. T. (1995). ‘Transformational’leaders make a difference. Research-technology management, 38(3), 41-44.
Khikmah, N. (2008). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan MAN Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim).
MAHARDIKA, E. (2019). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN TERPADU USHULUDDIN LAMPUNG SELATAN (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.
Marpaung, M. (2014). Pengaruh kepemimpinan dan Team work Terhadap kinerja karyawan Di koperasi sekjen kemdikbud senayan jakarta. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis.(terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi).
Moleong, L. J. (2006). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muizu, W. O. Z. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 6(1), 1-13.
Musri, M. (2020). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DAN KARYAWAN DI SMP NEGERI 8 PADANG. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 33-45.
Nawawi, Hadari. (1998). Administrasi Pendidikan, Jakarta: Haji Masagung.
Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 21-37.
Raharjani, D. S., & Mas’ud, F. (2017). PRAKTIK KEPEMIMPINAN ISLAM (Studi Kasus pada Kepala Bagian Non Medis Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 200-212.
Rivai, Veitzhal. (2009). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers,2009.
Rohaini. (2014). Kepemimpinan Madrasah Transformatif. Yogyakarta: Lkis
Rosya, N. N. (2019). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA ISLAM CENDIKIA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 26-37.
Saibani, Beni Ahmad dan Ii Sumantri. (2014). Kepemimpinan, Bandung: Pustaka Setia, 2014
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Sulaeman, E. S., Murti, B., & Waryana, W. (2015). Peran Kepemimpinan, Modal Sosial, Akses Informasi serta Petugas dan Fasilitator Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Kesmas: National Public Health Journal, 9(4), 353-361.
Sumual, T. E. (2015). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(1), 71-80.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
ten Bruggencate, G., Luyten, H., Scheerens, J., & Sleegers, P. (2012). Modeling the influence of school leaders on student achievement: how can school leaders make a difference?. Educational administration quarterly, 48(4), 699-732.
Toha, Miftah. (1986). Perilaku Organisasi. Jakarta: CV. Rajawali.
Triani, N. (2016). Kepemimpinan Kiai dalam Merintis dan Mengembangkan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Wiranata, A. A. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja dan Stres Karyawan (studi kasus: CV. Mertanadi). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil.
Widiasih, P. A. (2017). Peran kepemimpinan profetik dan pemberdayaan psikologis dalam membangun keterikatan kerja karyawan. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 3(1), 31-41.
Widiastuti, I. (2014). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di dinas pendidikan kota bandung (Doctoral dissertation).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.