Profil Kemampuan Kognitif Siswa MAN pada Materi Membiasakan Akhlak Terpuji
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan kognitif siswa MAN pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi membiasakan akhlak terpuji. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 40 siswa kelas XI dari MAN 3 Sleman. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda dengan empat option untuk mengukur kemampuan kognitif level C1-C3 dan soal uraian untuk mengukur kemampuan kognitif level C4. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif berdasarkan persentase kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan kognitif siswa pada kategori sangat tinggi sebesar 52,5%, kategori tinggi sebesar 40%, dan kategori sedang sebesar 7,5 %. Kemampuan kognitif siswa berupa kemampuan mengingat (C1) sebesar 95%, kemampuan memahami (C2) sebesar 82,5%, kemampuan mengaplikasikan (C3) sebesar 10%, dan kemampuan menganalisis (C4) sebesar 40%. Kemampuan kognitif level C3 dan C4 masih sangat rendah dan membutuhkan bimbingan serta inovasi dalam pembelajaran. Pelatihan berpikir kritis perlu diterapkan agar kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan kognitif tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam mengambil keputusan dan menentukan sikap di kehidupannya.
Kata Kunci: Kemampuan kognitif, Membiasakan akhlak terpujiFull Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Para Remaja. Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Galuh Putri Riyanto. (2021). Jumlah Pengguna Internet 2021 tembus 202 Juta. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta#:~:text=KOMPAS.com - Pengguna internet di,dibandingkan pada Januari 2020 lalu.
Gloria Stevani Putri. (2021). Viral Remaja Nekat hentikan Truk, Ini Penyebabnya Kata Psikolog. https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/07/180000823/viral-remaja-nekat-hentikan-truk-ini-penyebabnya-kata-psikolog?page=all#
Gunawan, I. (2012). Taksonomi Bloom - revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Premiere educandum: jurnal, 2(2), 105.
Heong, Y.M., Othman, W.B., Yunos, J.M., K., & T.T., Hassan, R.B. & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125.
I Putu Ayub Darmawan. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 39.
Junaidi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dengan Menggunakan Graded Response Models di SMA Negeri 1 Sakti. 4(1), 20.
Kementerian Agama RI. (2015). Buku Siswa Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XI.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
Rachmawati, F. (2020). Kisah 5 Siswi SMP Injak Rapor di TikTok, Tak Hargai Guru, Dikeluarkan.
Sahlan, M. (2015). Evaluasi Pembelajaran. STAIN Jember Press.
Sutrisno, S. (2019). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi. Remaja Rosdakarya.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Tribunnews.com. (2019). Komentar Mahfud MD Soal Ulah Siswa SMP di Gresik Merokok di Kelas dan Tantang Gurunya: Keterlaluan.
Wilga Secsio Ratsja Putri, R. Nunung Nurwati, & M. B. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. PROSIDING KS: RISET & PKM, 3(1), 51.
Wiyoko, T. dan A. (2020). Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education, 2(1), 31.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.