Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) Terhadap Kinerja Guru MTs Se-Kabupaten Kolaka Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, pendidikan dan latihan profesi guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di MTs se-Kabupaten Kolaka Utara dengan populasi sebanyak 73 orang yang secara keseluruhan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analis inferensial setelah memenuhi uji persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; 2) pendidikan dan latihan profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; 3) kepemimpinan kepala madrasah, pendidikan dan latihan profesi guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja guru. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penelitian lanjutan tentang pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, serta penelitian tentang kesiapan guru dalam transformasi pembelajaran berbasis teknologi.
Kata Kunci: Kepemimpinan kepala madrasah, PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru), kinerja guruFull Text:
PDFReferences
Anwar, M. I. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chaerudin, Ali. (2019). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM. Sukabumi: CV Jejak Anggota IKAPI.
Esti Yastika, E. (2015) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Diklat Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru Ekonomi SMA Negeri Kabupaten Pemalang. Thesis: Universitas Negeri Semarang.
Fathurrohman, P dan Suryana, (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hasba, S. (2019). Multi Peran Guru di SMP Negeri 1 Konawe Selatan (Antara Kinerja dan Panggilan Moral). Shautut Tarbiyah, 25(2), 359-378.
Karno, E., & Syahrul, S. (2014, June). Evaluasi Kinerja Guru Tersertifikasi di Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. In International Conference on Education 2014 (ICEdu14) (pp. 60-70). Faculty of Psychology and Education, Universiti Malaysia Sabah & Posgraduate Program Universitas Negeri Jakarta.
Karno, E., & Syahrul, S. (2020). Management of Educators in Private Schools in Indonesia. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 6(4), 608-612.
Laugi, S. (2020). Use of Websites in School Management: An Effort to Build School Readiness in the Era of 4.0. Shautut Tarbiyah, 26(2), 174-191.
Mukhtar, M., & Akbar, M. (2019, December). Kiai's Leadership in Managing Human Resources. In 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019) (pp. 79-82). Atlantis Press.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung. Rosdakarya.
_______. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1.
Pratiwi, N. A. (2020). The Principal's Strategy for Improving the Quality of Education: A Study at MTs Asy-Asyafiiyah Kendari. Shautut Tarbiyah, 26(2), 227-249.
Rahman . (2019). Wawancara Guru di MTs Negeri 2 Kolaka.
Ramli, H. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
Samrin, M. P. I., & Syahrul, S. P. I. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.
Sastramayani, S., & Badarwan, B. (2019). Kepemimpinan Krisis dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 25(2), 181-201.
Sastramayani, S. (2020). Mempertemukan Semesta Guru dan Peserta Didik dalam Metode Pembelajaran Kooperatif. Shautut Tarbiyah, 24(2), 308-333.
Sumarni. dkk (2017). The Influence of head Master Leadership and Working Environment on the Performance of Vocational high school teachers Throughout at Tamalate. Makassar City. Jurnal: Mirai Management, Volume 2 Nomor 1.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
Syahrul, S. (2015). Mengelola Perguruan Tinggi dalam Iklim Ketidakpastian (Memahami Dinamika Perencanaan Strategis di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 10(1), 143-160.
Syahrul, S. (2016). KEPEMIMPINAN RELIGIO-TRANSFORMASIONAL: ALTRUISME KIAI DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN BUDAYA PM GONTOR VII PUTRA SULAWESI TENGGARA.
Syahrul, S., Alim, N., Pairin, P., & Nur, J. (2019). Utilization of management information systems in managerial supervision at IAIN Kendari. International Journal of Recent Technology and Engineering (TM), 8(1C2), 392-392.
Yono, T. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Setelah Mengikuti PLPG. Jurnal: Penelitian IPTEKS.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.