Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu huruf. Proses pemecahan masalah menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas pada 25 orang siswa, yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui tahap sebagai beikut: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil tindakan siklus I diperoleh nilai rata-ratanya 65,66 dengan presentase ketuntasan sebesar 52%. Sedangkan hasil tindakan siklus II diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata 76,94 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84%. Sehingga disimpulkan penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SD. Persoalan kemampuan membaca permulaan adalah masalah pengelolaan sekolah secara luas, sehingga perlu dilakukan perbaikan aktifitas pembelajaran, membangun iklim belajar, dan perbaikan sarana prasarana pembelajaran. Sebagai implikasi kajian ini, penulis menyarankan perlunya penelitian lanjutan tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media digital.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Kartu HurufAbstract
The main problem in this study is the low reading ability of the first graders of elementary school students in Indonesian subjects. So the aim of the research is to improve early reading skills through the use of letter card media. The problem solving process uses a classroom action research approach to 25 students, which is carried out in 2 cycles. Each cycle goes through the following stages: planning, action, observation, and reflection. The results showed that the results of the first cycle of action obtained an average value of 65.66 with a completeness percentage of 52%. While the results of the second cycle of action obtained learning outcomes with an average value of 76.94 with a mastery percentage of 84%. So it can be concluded that the use of letter card media can improve early reading skills. The problem of early reading ability is a broad school management problem, so it is necessary to improve learning activities, build a learning climate, and improve learning infrastructure. As an implication of this study, the author suggests the need for further research on improving students' early reading skills using digital media.
Keywords: Beginning Reading, Letter Card MediaFull Text:
PDFReferences
Alimudin, A. A. (2018). Pengaruh Iklim Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di MTS Daarul Ahsan Tangerang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" SMH" Banten).
Akib, A., Syahrul, S., Samrin, S., & Badarwan, B. (2020). The Phenomenon of Full Day School in Indonesia. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 6(4), 1436-1441.
Badarwan, B., & Syahrul, S. (2020). Menembus Formalisme Organisasi: Mencermati Tradisi Volunterisme di PM Gontor 7 Putera Sulawesi Tenggara. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 54-67.
Dini, J. P. A. U. (2021). Lisik: Lima Pilar Kebijakan Internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dalam Menciptakan Iklim Belajar Kondusif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1915-1929.
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 66-73.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.
Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. JMKSP (jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan), 5(2), 100-111.
Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 21-28.
Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.
Irawan, O. G. (2014). Pengaruh Iklim Belajar Yang Kondusif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 63-70.
Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272-282.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 113-126.
Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300-319.
Lestari, A. (2016). Pengaruh kepemimpinan partisipatif dan komitmen organisasi terhadap efektifitas implementasi rencana stratejik pada madrasah aliyah di kabupaten sukabumi jawa barat. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(1).
Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan pemahaman penggunaan huruf kapital dalam menulis teks deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16-27.
Lisa, N. W. N. (2018). Hubungan Antara Sikap Komunikatif Sebagai Bagian dari Pengembangan Karakter dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 121-128.
Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.
Mirdanda, A. (2019). Mengelola aktivitas pembelajaran di sekolah dasar. PGRI Kalbar dan Yudha English Gallery.
Mubin, N. (2018). Integritas dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah atau Madrasah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2), 80-92.
Mujisuciningtyas, N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar praktik di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103-115.
Nugroho, A., & Pangestika, A. N. (2017). Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Padmi, I. G. A., Dantes, N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2014). Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Dan Sosial Emosional Anak (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289.
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548-560.
Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).
Sabdah, S. (2019). Desain Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament. Shautut Tarbiyah, 25(1), 135-158.
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100-106.
Samrin, M. P. I., & Syahrul, S. P. I. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Deepublish.
Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh motivasi, sarana prasarana, efikasi diri, dan Penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923-935.
Sastramayani, S. (2020). Mempertemukan Semesta Guru dan Peserta Didik dalam Metode Pembelajaran Kooperatif. Shautut Tarbiyah, 24(2), 308-333.
Syahrul, S., Mukhtar, M., & Akbar, M. (2018). Construction of Organizational Culture at PM Gontor VII Putera, South Konawe District, Southeast Sulawesi, Indonesia. International Journal of Advanced Engineering and Management Research, 3(5), 25-40.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 82-100.
Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.