Flipped Learning in Fostering Students' Independent Learning through Self-Regulation and Parental Supervision (Flipped Learning dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Regulasi Diri dan Pengawasan Orang Tua)
Abstract
This article aims to provide an analysis of flipped learning in fostering student learning independence through self-regulation and parental supervision. The aspects studied are: flipped learning in fostering student learning independence through self-regulation and flipped learning in fostering student learning independence through parental supervision. The method used in this article is a literature review, where readings are carried out on various scientific journals that discuss flipped learning. The results of the study show that the application of flipped learning can lead students to achieve independent learning, but must be supported by high self-regulation and optimization of parental supervision. Independent learning of students is not only influenced by the involvement of parents and students' personal factors, but also includes environmental factors. This study suggests the need for collaboration between teachers and parents in formulating a supervisory model for students and training students' self-regulation.
Keywords: Flipped Learning, Learning Independence, Self Regulation, Parental Supervision, Digital Age
Artikel ini bertujuan memberikan analisis tentang flipped learning dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa melalui regulasi diri dan pengawasan orang tua. Aspek yang didalami adalah: flliped learning dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa melalui regulasi diri dan flliped learning dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa melalui pengawasan orang tua. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah reviu literature, dimana pembacaan dilakukan terhadap berbagai jurnal ilmiah yang membahasa tentang flipped learning. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan flipped learning dapat mengantar siswa mencapai kemandirian belajar, tetapi harus ditunjang dengan regulasi diri yang tinggi dan optimalisasi pengawasan orang tua. Kemandirian belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua dan faktor pribadi siswa, tetapi juga mencakup faktor lingkungan. Kajian ini menyarankan perlunya kolaborasi guru dan orang tua dalam merumuskan model pengawasan bagi siswa dan melatih regulasi diri siswa.
Kata Kunci: Flliped Learning, Kemandirian Belajar, Regulasi Diri, Pengawasan Orang Tua, Era Digital
Full Text:
PDFReferences
Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49. Retrieved from https://pusdig.my.id/literasi/article/view/7
Arum, A. R., & Laksmiwati, H. (2015). Hubungan antara Konsep Diri dan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(3), 1–5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10949
Basyah, A. (2018). Flipped Classroom Material untuk Meningkatkan Minat Technopreneur Siswa SMK (Flipped Classroom Material to Increase Vocational Students ’ Interest on Technopreneurship). Jurnal Teknodik, 22(1), 1–10. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.320
Cahyasari, I., & Dewi, R. M. (2016). Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/15952
Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–2934. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695
Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Sain, 1(1), 139–146. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9829
Firdaus, F. M., Prananto, I. W., Rochadi, S., Murti, R. C., & Purnomo, Y. W. (2021). Pelatihan Flipped Learning Berbasis Saintifik dan Implementasinya dalam Pembelajaran BDR di Sekolah Dasar. International Journal of Public Devotion, 4(2), 45–51. Retrieved from https://web.archive.org/web/20220111081718id_/https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/IJPD/article/download/2645/pdf
Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.328
Hadijah, S., & Shalawati. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif melalui Metode Flipped Learning. Community Education Engagement Journal, 2(2), 52–61. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/ecej/article/view/6641
Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149–164. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503
Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133–1143. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463
Ibrahim, S. S., & Amalia, A. N. (2021). Pengaruh Pengawasan Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Secara Daring di Masa Pandemi pada Peserta Didik di SMP Negeri 20 Kota Bekasi. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(2), 102–106. Retrieved from http://almufi.com/index.php/AJP/article/view/40
Igrisa, N. (2017). Pengaruh Model Flipped Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Physics Education, 02(1), 80–84. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/119
Irwanto, M. S. H. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8
Julinar, J., & Yusuf, F. N. (2019). Flipped Learning Model: Satu Cara Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 366–373. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22330
Kartika, V., & Sugiarti, R. (2021). Pengasuhan Orangtua dan Kepercayaan Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Intervening. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(2), 377–390. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4225
Khoirotunnisa, A. umi, & Irhadtanto, B. (2018). Pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom Tipe traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 153–163. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484
Lai, C. L., & Hwang, G. J. (2016). A self-regulated flipped classroom approach to improving students’ learning performance in a mathematics course. Computers and Education, 100, 126–140. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.05.006
Laugi, S. (2020). Use of Websites in School Management: An Effort to Build School Readiness in the Era of 4.0. Shautut Tarbiyah, 26(2), 174–191. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31332/str.v26i2.2360
Metia, C., & Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar. Jurnal Analitika, IV(1). Retrieved from http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/756
Mirawati, M., & Yunita, N. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pgsd. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i2.851
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38–49. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1637
Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.990
Munir, V. M., & Hamid, A. (2020). Penerapan Flipped Learning Dengan Media Video Pada Fiqih Kelas Xii Ipa 1 Di Ma Bahrul Ulum Blawi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 177–184. https://doi.org/10.35931/aq.v14i2.347
Nasution, S. R. J., & Nur, L. (2022). Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Berbasis Online Flipped Learning. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1), 1–8. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/3132
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Qistia, N., Novianti, R., & Kurnia, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 61–70. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.35
Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419–431. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918
Samrin, S., & Syahrul, S. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Retrieved from https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-pengelolaan-pengajaran/
Saragih, F. (2020). Pengaruh Lingkungan terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 62–72. Retrieved from https://web.archive.org/web/20201203142733id_/https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/download/40875/pdf
Sari, A. K., Muhsin, M., & Fahrur, R. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923–935. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20338
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sastramayani, S., & Badarwan, B. (2019). Kepemimpinan Krisis dalam Pengelolaan Sekolah. Shautut Tarbiyah, 25(2), 181–201. https://doi.org/10.31332/str.v25i2.1507
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236242. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168
Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putera Sulawesi Tenggara). Al-Ta’dib, 8(1), 82–100.
Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(01), 34–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i01.375
Valentin, R. R., & Hadi, N. U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 142–154. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7749
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48–59. Retrieved from https://web.archive.org/web/20200807005225id_/http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/28256/pdf
Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37920
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404
Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9
Yulhendri, Y., & Kurniawati, T. (2019). Flipped Learning Berbasis Web pada Pembelajaran di Universitas Negeri Padang.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1727436
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.