The Role of the School Committee in Realizing the Strategic Plan at SMAN 1 Tongkuno (Peran Komite Sekolah dalam Mewujudkan Rencana Strategis di SMAN 1 Tongkuno)
Abstract
This study aims to describe the role of the school committee in realizing the strategic plan at SMA Negeri 1 Tongkuno. The dimensions that are in the spotlight are: 1) the direction of development of SMAN 1 Tongkuno; 2) The role of the school committee in realizing the strategic plan at SMAN 1 Tongkuno. The research was conducted qualitatively with a descriptive approach, where research data were presented in a narrative manner as a series of systematic and meaningful events. The results show that the direction of development of SMAN 1 Tongkuno is to foster students who have the required scientific capacity, coupled with a relevant curriculum and effective school management, based on strong religious principles. The role of the school committee in realizing the school's strategic plan is carried out in the form of giving consideration, supporting school policies and programs, liaising schools with the community, and carrying out supervision.
Keywords: School Committee, Vision and Mission, Strategic Plan, Education Quality
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah dalam mewujudkan rencana strategis di SMA Negeri 1 Tongkuno. Dimensi yang menjadi sorotan adalah : 1) arah pengembangan SMAN 1 Tongkuno; 2) Peran komite sekolah dalam mewujudkan rencana strategis di SMAN 1 Tongkuno. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana data penelitian disajikan secara naratif sebagai rangkaian peristiwa yang sistematik dan memiliki makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah pengembangan SMAN 1 Tongkuno adalah pada pembinaan peserta didik yang memiliki kapasitas keilmuan yang dibutuhkan, dibarengi dengan kurikulum yang relevan dan pengelolaan sekolah yang efektif, dilandasi oleh prinsip keagamaan yang kuat. Peran komite sekolah dalam mewujudkan rencana strategis sekolah dijalankan dalam bentuk memberi pertimbangan, mendukung kebijakan dan program sekolah, penghubung sekolah dengan masyarakat, dan melakukan pengawasan.
Kata Kunci: Komite Sekolah, Visi dan Misi, Rencana Strategis, Kualitas Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1775–1783. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.685
Anggraini, F. L., Hanurawan, F., & Hadi, S. (2018). Partisipasi Komite Sekolah pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 544–551. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10962
Basith, A., & Rahmawati, I. (2020). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 14–25. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8611
Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.
Dewi, N. sita, & Syukur, M. (2022). Implementasi dan Kontribusi Komite Sekolah terhadap Program Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 11 Pangkep. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 83–96. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/23448
Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf/article/view/3234
Fikriadi, F., Rusdiawan, R., & Wilian, S. (2017). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1), 45–54. https://doi.org/DOI: 10.29303/jipp.v2i1.38
Hanafi, I., & Ma’sum, M. (2015). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan: Peran Komite Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Cakrawala Pendidikan, 2(1), 58–66. Retrieved from http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/87
Jannah, A. R., & Kardoyo, K. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Biaya Pendidikan, Komite Sekolah, Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 14–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38921
Lubis, M., Amin, A., & Alimini, A. (2019). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Pencapaian Efektivitas Manajemen Sekolah Dasar. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 359–372. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/2669
Majir, A. (2018). Rekonstruksi Hubungan Komite Sekolah Dan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 223–231. Retrieved from http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/173
Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.31258/raje.4.2.95-104
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis : An Expanded Sourcebook. Sage Publication.
Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901
Palettei, A. J., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi, Y. (2021). Understanding of School Headers , Teachers , and School Committees Toward Implementation of Education Management. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592
Pebriany, srie A., & Sanusi, N. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dalam Membangun Citra Positif Madrasah Diniyah. Buana Komunikasi: Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi, 1(2), 92–101. Retrieved from http://183.91.79.105/index.php/buanakomunikasi/article/view/563
Pohan, M. M. (2018). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal ANSIRU PAI, 1(2), 97–106. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/2025
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123
Ramadhan, R. A., & Torro, S. (2022). Peran Komite Sekolah Terhadap Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Di Smpn 2 Parepare. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 65–73. Retrieved from Peran, komite sekolah, dan sekolah ramah anak
Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). Efektifitas Komite Sekolah Sebagai Badan Pengawas Manajemen Keuangan Sekolah Pada Sma Negeri Se-Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 571–582. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16444
Sari, N., Kaharuddin, K., & Hassan, Z. (2020). Komite Sekolah dan Pengembangan Pendidikan: Studi Kasus SMA Makassar. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(1), 82–92. https://doi.org/10.22146/jps.v7i1.57677
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Setiawansyah, S., Sulistiyawati, A., Sulistiani, H., & Hajizah, A. (2021). Perancangan Sistem Pengelolaan Keuangan Komite Menggunakan Web Engineering (Studi Kasus : SMK Negeri 1 Gedong Tataan). Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 10(2), 163–171. https://doi.org/10.34010/komputika.v10i2.4329
Sulasmono, B. S., & Murjini, M. (2017). Evaluasi Kiner Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXVI(1), 113–121. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.10431
Surjana, L. (2017). Fungsi dan Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan : Studi di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 119–123. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/943
Suryadi, S., & Syahrul, S. (2021). Determining the Direction of the Pesantren (Empowering Leadership Practice at PM Gontor 6 Putera, Southeast Sulawesi). Shautut Tarbiyah, 27(1), 59–76. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2862
Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2020). Peran Sosial Komite Sekolah dalam Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi di Sekolah. CENDEKIA, 14(2), 137–152. https://doi.org/10.30957/Cendekia.v14i2.628
Syahrul, S. (2015). Mengelola Perguruan Tinggi dalam Iklim Ketidakpastian (Memahami Dinamika Perencanaan Strategis di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 10(1), 143–160. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/332
Syahrul, S. (2016). Readiness Frame: Analisis Kerngka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman IAIN Kendari). Al-Ta’dib, 9(1), 162–180. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/507
Syahrul, S. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. Shautut Tarbiyah, 36(XXIII), 1–18. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/584
Syahrul, S., Karno, E., & Badarwan, B. (2017). Social Responsibility of University: Bridging Moslim Reality in Strategic Plan of IAIN Kendari. The 4th International Conference on Islam and Higher Education 2016 (ICIHE-2016), (July), 1–10. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Syahrul-Marham-2/publication/326316359_SOCIAL_RESPONSIBILITY_OF_UNIVERSITY_BRIDGING_MOSLIM_REALITY_IN_STRATEGIC_PLAN_OF_IAIN_KENDARI_SOUTEAST_CELEBES_INDONESIA/links/5b4574930f7e9b1c7223545c/SOCIAL-RESPONSIBILITY-OF-UN
Ulfaturrahmi, S., Ramdani, A., & Witono, A. H. (2020). Peran Komite Sekolah Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 622–631. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1607
Umam, M. K., & Firdausi, Z. (2019). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(1), 39–56. Retrieved from http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/87
Wardiah, S., Murniati, M., & Djailani, D. (2015). Strategi Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri 1 Lhoknga. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 12–21. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2537
Yuliana, L. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Efektif. Jurnal Ilmiah WUNY, 18(2), 28–38. https://doi.org/10.21831/jwuny.v18i2.10003
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.