Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS₁ SMA Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui Pembelajaran Kancing Gemerincing
Abstract
Pendudukan militer Jepang di Indonesia 1942-1945 menjadi salah satu
pokok bahasan mata pelajaran sejarah di SMA/MA sederajat,
termasuk pada Kelas XI.IPS.₁ SMA Negeri 2 Baubau tahun pelajaran
2014/2015. Melalui penelitian tindakan kelas dengan menerapkan
model pembelajaran kancing gemerincing adalah: (a) untuk
mengungkap pengaruh pembelajaran kancing gemerincing terhadap
hasil belajar sejarah. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman
dan penguasaan siswa mata pelajaran sejarah setelah diterapkannya
pembelajaran kancing gemerincing. Penelitian bersiklus ini dilakukan
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas XI. Data yang diperoleh berupa
hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pengajaran kancing
gemerincing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah
materi pendudukan jepang di Indonesia, 2) Pembelajaran dengan
kancing gemerincing memiliki dampak positif dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan
belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65%,), siklus II
(80%), siklus III (91%), 3) Model pengajaran kancing gemerincing
dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan
kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan
pertanyaan, 4) Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok,
serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu
maupun kelompok, 5) Penerapan pembelajaran dengan kancing
gemerincing mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan
kreatifitas belajar siswa.
Kata Kunci: Prestasi belajar, sejarah, pembelajaran, kancing
gemerincing.