Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Upin dan Ipin dalam Membentuk Perilaku Islami Anak di Kelurahan Tinanggea
Abstract
Begitu susahnya mengajar dan membuat siswa bersemangat belajar,
atau jika menggunakan perspektif siswa sendiri, betapa sulitnya
menumbuhkan semangat belajar dalam diri, karena proses panjang
dalam pembelajaran akan memunculkan berbagai macam masalah
yang dapat menghalangi tercapainya tujuan pendidikan yang hendak
dicapai. Proses pembelajaran yang tidak singkat itu membutuhkan
bermacam cara dan inovasi yang dapat menumbuh kembangkan
semangat dan kreativitas pelajar maupun pengajar, sehingga seorang
pengajar benar-benar memperhatikan proses pentransferan ilmu
pengetahuan dan nilai-nilai budi pekerti yang luhur. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah anak usia 5-12 di kelurahan Tinanggea,
Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan. Adapaun teknik
pengambilan sampelnya menggunakan snowball sampling. Hasil
penelitian: 1. Film animasi Upin dan Ipin adalah sebuah film yang
kaya akan nilai moral, dakwah dan Pendidikan Islam didalamnya,
yang bertujuan untuk memahamkan anak-anak secara khusus, muslim
pada umumnya tentang ajaran agama Islam. 2. Film animasi Upin dan
Ipin terbilang efektif dalam membentuk perilaku Islam bagi anak, ini
terlihat banyak perubahan pola fikir dan pola sikap anak-anak di
Kelurahan Tinanggea setelah menonton Film animasi Upin dan Ipin.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Film animasi, Perilaku Islami