PENILAIN BERBASIS KELAS
Abstract
Evaluasi merupakan suatu proses terus menerus sehingga dalam proses
kegiatannya dimungkinkan untuk merevisi apabila dirasakan adanya suatu
masalah. Dalam mengevaluasi terlebih dahulu diadakan penilaian, oleh
karena penilaian merupakan salah satu bagian daripada kegiatan evaluasi
hasil kegiatan belajar mengajar. Penilaian adalah kegiatan menilai yang
terjadi dalam kegiatan pembelajaran. salah satu bentuk penilaian yang telah
dilakukan oleh guru dan dosen adalah bentuk Penilaian Berbasis Kelas
(PBK).
Penilaian dalam KBK dan KTSP menganut prinsip penilaian berkelanjutan
dan konprehensif guna mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar,
bekerja sama dan menilai diri sendiri. Karena itu, penilaian dilaksanakan
dalam rangka Penilaian Berbasis Kelas (PBK). Dikatakan PBK karena
kegiatan penilaiana dilaksanakan secara terpadu dalam kegiatan
pembelajaran.
Dalam praktiknya, PBK sangat beragam, jenis dan model mana yang dipakai
tergantung pada jenis kompetensinya dan indikator hasil belajar yang ingin
dicapai, tipe materi pembelajaran, dan tujuan penilaian itu sendiri.
Adapun Aspek yang dinilai dalam Penilaian Berbasi Kelas (PBK) adalah
kumpula-kumpulan kerja peserta didik (Portofolio), hasil karya ( Product),
penugasan (Project), kinerja (Performance), tindakan (Action), dan tes
tertulis (Subjectif, Objektif dan Proyektif).
Kata Kunci : evaluasi, berbasis kelas, PBK