SISTEM PEMBINAAN PONDOK PESANTREN
Abstract
Pesantren adalah lembaga pendidikan islam tertua asli di Indonesia
yang telah menapakkan kaki di bumi Indonesia sejak beberapa abad
silam. Sisi historis menunjukkan bahwa pesantren tidak hanya
indentik dengan makna keislaman, tetapi juga mengandung unsur
keaslian Indonesia. Wajah pesantren ini telah tumbuh dan berakar kuat
dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.
Keberadaan pesantren di Indonesia dengan segala aspek
perjuangannya memiliki nilai strategis dalam ikut serta mencerdaskan
kehidupan bangsa. Hal ini dapat dibuktikan dalam sejarah bangsa
Indonesia dimana darinya bermunculan para ilmuwan, politikus dan
cendekiawan muslim yang memasuki berbagai kancah percaturan di
segala bidang sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka miliki, baik
dalam taraf lokal, regional maupun nasional bahkan sampai ke taraf
internasional. Tidak hanya itu, pesantren juga memainkan peran
penting dalam melakoni babak sejarah perjuangan bangsa Indonesia
dalam mengusir penjajah. Sederet uraian tersebut, menekankan
pentingnya menemukan kembali sitem tata nilai yang ada dalam
tradisi pendidikan klasik di pesantren untuk mendialogkannya dengan
paradigma pendidikan modern agar tercapai akurasi metodologis
dalam sistem pendidikan nasional yang lebih relevan dengan budaya
lokal dan kaya akan nilai religiusitas.
Kata Kunci : pondok pesantren