FIQIH JALAN TENGAH (Mempertemukan Maqashid Syari’ah, Hukum, dan Realitas Sosial)

Muhammad Ngizzul Muttaqin, Iffatin Nur

Abstract


Sebagai agama dengan visi dan misi untuk membawa rahmat bagi alam semesta dan manfaat bagi umat manusia, Islam harus memiliki produk hukum yang responsif yang mampu menanggapi problematika manusia. Yurisprudensi Islam (fiqh) telah mengalami pergeseran dalam konstruksi dan perkembangan pemikiran. Karena paradigma tekstual telah runtuh dan digantikan oleh paradigma kontekstual, perkembangan pemikiran hukum Islam telah mengalami terobosan besar. Namun, perkembangan pemikiran hukum Islam selalu berjalan berdampingan dengan perkembangan jaman yang membawa berbagai masalah kehidupan bersamanya. Untungnya, muncul teori-teori baru tidak hanya dalam metode pembentukan hukum Islam tetapi juga dalam pendekatan hukum yaitu pendekatan untuk memperoleh manfaat (maṣlaḥah / maqāṣid sharī'ah) sebagai maksud dan tujuan dari penerapan hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian pustaka melalui tinjauan literatur yang ekstensif dan bertujuan untuk menyelaraskan dan menyatukan tiga elemen: tujuan syariah, produk hukum, dan realitas sosial. Temuan dalam penelitian ini diharapkan mampu dan relevan untuk menciptakan fiqih jalan tengah yang dapat berinteraksi dengan permasalahan manusia yang aktual dan kontemporer


Keywords


Hukum Islam; Maqāṣid sharī’ah; Fiqih jalan tengah, Responsif, Realitas sosial.

References


Abdullah, M. Amin. Al-Ta’wil al-’Ilmi: Kea rah Perubahan Paradigma Penafsiran Kitab Suci, dalam Jurnal Al-Jami’ah. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 2001.

Al-Turabi, Hasan. Fiqih Demokratis, ter Abdul Haris dan Zainul Am. Cet. Ke-1. Bandung: Arasy, 2003.

Al-Buti, Muhammad Sa’id Ramadhan. Dawabit al-Maslahah fi al-Shari’ah al Islamiyyah. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1992.

Al-Dharini, Fathi. Al-Manahij al-Ushuliyyah fi ijtihad bi al-Ra’yi fi Tasyri’. Damaskus: Dar al-Kitab al-Hadis, 1976.

Al-Ghazaly, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazaly. Al-Mustasfa min ‘Ilm al-Ushul. Vol.2. Beirut: Dar al-Fikr, tth.

Al-Jabiri, Abid. Al Din wa al Daulah wa Tatbiq al Syariah. http:www.mizanpoenya.co.cc/2010.08/kritik-nalar-fiqh-menuju-fiqhyang.html

_______________. Bunyah al-Aql al-Araby: Dirasah Tahliliyah Naqdiyyah li Nuzum al-Marifah fi al-Saqafah al-Arabiyyah. Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyyah, 1990.

Al-Jawziyah, Ibn al-Qayyim. I’lam al-Muwaqqi’in ‘an Rabb al-‘Alamin. Beirut: Dar al-Fikr, 1973.

Al-Salam, Abu Muhammad Izz al-Din bin ‘Abd. Qawa’id al-Ahkam fi Masalih al-Anam. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1999.

Al-Shatibi, Abu Ishaq Ibrahim Ibn Musa. Al-Muwafaat fi Usul al-Shari’ah. Kairo: Mustafa Muhammad, tt.

Al-Thufy, Najm al-Din. Risalah fi Ri’ayat al-Maslahah. Lebanon: Dar al-Misriyyah al-Lubnaniyah, 1993.

Al-Utsaimin, Muhammad bin Salih. Al-Ushul min ‘Ilm al-Ushul. Iskandariyah: Dar al-Iman, 2001.

Al-Wahhab, Muhammad Ibn Abd. Arba’u Qawaid Taduru ‘alaiha al-akkam wa Yaliha Nubzat fi ittiba’ an-Nushush ma’aithiom al-Ulama. Beirut: Dar al-Kutub, 1977.

Al-Wahidi, Ali Ibn Ahmad. Asbab al-Nuzul. Al-Qahirah: Maktabah al-Mutanabbi, tt.

Audah, Jaseer. Maqashid Syari’ah as philosophy of Islamic Law (a systems approach). Virginia: International Institute of Islamic Thought, 2008.

Baz, Abdul Aziz Ibn, dkk. Fatwa-fatwa Terkini, terjemahan dari al-Fatawa asy-Syar’iyya fi al-mas’il al-Ashriyyah min fatawa, Jakarta: Darul Haq, 2004.

Budiarti. Konstruksi Penemuan Hukum melalui Ijtihad. Edited by Zulhas’ari Musthafa. Book. I. Vol. I. Makassar: Yayasan Pendidikan Tompongbatu, 2017. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13249/.

El-Fadl, Khalid M. Abou. Atas Nama Tuhan Dari Fiqh Otoratif ke Fiqh Otoriter, terj. Cecep Lukman Hakim. Jakarta: Serambi, 2003.

Hallaq, B. Waell. The Primary of the Qur’an in Syatibi Legal Theory. Leiden: El Brill, 1991.

Hazm, Aby Muhammad Ali ibn Ahmad ibn Sa’id ibnu. Al-Ahkam fi Usul al-Ahkam. Mesir: Al-Asimat, tt.

Mas’ud, Muhammad Halid. Islamic Legal Philosophy. Islamabad: Islamic Research Institut, 1980.

Qaradawi, Yusuf. Dirasah fi Fiqh Maqashud Asy Syariah; Baina Al Maqashid al Kulliyah wa An Nushus AbuJuziyyah. Mesir: Dar Asy Syuruq, 2006.

_____________. Fiqh Maqashid Syariah diterjemahkan oleh Arif Munandar Riswanto, dari judul asli Dirasah fi Fiqh Maqashid Asy Syariah: Baina Al-Maqashid al-Kulliyah wa An Nushus Abu Juziyyah. Jakarta: Pustaka al Kautsar, 2007.

Roy, Oliver. Gagalnya Islam Politik, alih bahasa harimurti dan Qomarudin SF. Jakarta: Serambi, tt.

Sofan, Moh. Jalan Ketiga Pemikiran Islam: Mencari Solusi Perdebatan Tradisionalisme dan Liberalisme. Jogjakarta: IRCiSoD, 2006.

Suyuti, Abdurrahman bin Abi Bakar. Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an. Beirut: Dar al Fikr, tt.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v5i2.1509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

License URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah

View My Stats