STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA SISWA SD KABUPATEN BOMBANA

Asni Asni, Suhartini Syukri, Imelda Wahyuni

Abstract


Kurangnya motivasi dan hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada daerah terpencil menjadi masalah yang krusial pada sekolah dasar wilayah terpencil di daerah Bombana, Sulawesi Tenggara. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan hasil belajar PAI siswa di daerah tersebut melalui strategi Index Card Match, Card Sort dan perbedaan keduanya. Kajian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode eksperimen yang dilaksanakan di SDN 74 Terapung Kabupaten Bombana. Populasi penelitian adalah kelas V dengan sampel yang ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih 40 siswa yang terdistribusi pada dua kelas masing-masing kelas VA sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VB sebagai kelas eksperimen kedua. Instrumen penelitian ini adalah tes kognitif hasil belajar dan angket, dengan tekhnik analisis data berupa t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar PAI peserta didik menggunakan strategi Index Card Match dan Card Sort masing-masing berada pada kategori tinggi, serta terdapat perbedaan yaitu hasil motivasi dan belajar siswa dengan penggunaan strategi index card match lebih baik dibandingkan strategi Card Sort. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi baru bagi pelaksaan proses belajar mengajar pada tingkat SD khususnya di daerah terpencil serta tidak terlalu membutuhkan teknologi canggih melainkan bahan sederhana berupa kartu belajar yang bersumber pada basis kemauan, variasi serta kreativitas guru.

Keywords


Card Sort, Hasil Belajar, Index Card Match, Motivasi, Pendidikan Agama Islam.

References


Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, Tias dan Setiyawati, D. (2019) Efektifitas Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match ditinjau dari Keterampilan Berkomunikasi terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 13(2).

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2).

Lindiyana, Anggreani, A. & Setianingsih, C.H.E.S. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4).

Fachruri, S. (2015). Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD Negeri Wonosido Pituruh Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi.

Marjan, J. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4(1).

Muhibbin. (2009). Bahan Pelatihan Pembelajaran, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: Pendidikan Keguruan UIN Sunan Gunung Jati.

Mulyani, K. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lessons, Modelling The Way, Information Search, Dan Index Card Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Ajibarang Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Puspita, Diana & Prastowo, P. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Pelita Pendidikan. 6 (3).

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Silberman, M. L. (2006). Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, terj. Muttaqien, Raisul, Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa media.

Sudjana, N. (1998). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surur, M., & Urfi, R. N. U. (2017). Penerapan model problem based learning menggunakan index card macht untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Edutama, 4(2), 11–18.

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

License URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah

View My Stats