KAJIAN FILOSOFIS REVEALED KNOWLEDGE DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Dewi Nur Syahidah, Nurul Embun Isnawati, Ahmad Fery Nafiul Umam, Ahmad Fauzan Hidayatullah

Abstract


Tujuan dari pembuatan jurnal ini adalah untuk mengetahui kajian secara filosofis mengenai revealed knowledge yang diterapkan di UIN Syarif Hidayatullah. Revealed knowledge merupakan penempatan wahyu sebagai sumber dari ilmu pengetahuan. Wahyu diberikan kepada manusia melalui perantara Nabi sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia. Manusia memperoleh kebenaran dan pengetahuan atas dasar wahyu. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah merupakan satu dari sekian banyak universitas Islam yang ikut serta dalam menerapkan revealed knowledge.  Kajian filsafat ilmu menyatakan bahwa, secara umum metode mencari pengetahuan adalah dengan melalui pendekatan rasionalisme, empirisme, dan metode keilmuan. Metode-metode yang digunakan dalam mencari pengetahuan, pada dasarnya semuanya bertujuan untuk memperoleh kepastian, Tetapi perlu disadari bahwa kebenaran yang dicapai manusia hanyalah kebenaran berdasarkan sudut pandang pendekatan yang digunakan. Ditinjau dari filosofisnya pada dasarnya universitas islam di seluruh indonesia mempunyai landasan atau misi yang sangat mulia, akan tetapi tidak semuanya berjalan dengan baik, setidaknya misi yang mulia itu akan berdampak positif pada sebagian besar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penyusunan jurnal ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu menelusuri jurnal-jurnal yang relevan sebagai sumber literatur kemudian digeneralisasi melalui pemikiran penulis. 

Keywords


Filosofis, Revealed Knowledge, UIN Syarif Hidayatullah

References


Bahri, Media Zainal. 2018. Ilmu-Ilmu Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menatap Masa Depan: Sebuah Pemetaan Keilmuan. REFLEKSI. Vol: 17 (2)

journal.uinjkt.ac.id diakses tanggal 19 November 2019 pukul 09.46 WIB

Baiti, Rosita dan Abdur Razzaq. 2017. Esensi Wahyu dan Ilmu Pengetahuan. Wardah. Vol: 18 (2)

jurnal.radenpatah.ac.id diakses pada tanggal 18 November 2019 pukul 22.42 WIB

Hariyati, Mutty dan Isana Fistiyanti. 2017. Sejarah Klasifikasi Ilmu-Ilmu Keislaman dan Perkembangannya dalam Ilmu Perpustakaan. Pustakaloka. Vol: 9 (1)

jurnal.iainponorogo.ac.id diakses pada tanggal 21 September 2019 pukul 06.13 WIB

Hasmori, Akhmal Annas, DKK. 2015. Revealed Knowledge Integration in National Dual Training System (NDTS): Philosophy, Issues and Challenges. Procedia – Social and Behavioral Sciences.

Available online atwww.sciencedirect.com diakses pada tanggal 22 Oktober 2019 pukul 21.14 WIB

Kosim, Muhammad. 2008. Ilmu Pengetahuan dalam Islam (Prespektif Filosofis-Historis). Tadris. Vol: 3 (2)

ejournal.stainpamekasan.ac.id diakses pada tanggal 31 Oktober 2019 pukul 21.15 WIB

Nasution, Syamruddin. 2018. Sejarah Peradaban Islam. Depok: PT RajaGrafindo Persana

Nelvawita. 2017. Akselerasi Perkembangan Ilmu Keislaman (Suatu Analisis Filosofis). Jurnal Kependidikan Islam. Potensia. Vol: 3 (2)

ejournal.uin-suska.ac.id diakses pada tanggal 21 september 2019 pukul 03.22 WIB

Soelaiman, Darwis A. 2013. Filsafat Ilmu Pendidikan Untuk Indonesia.Jurnal Pencerahan. Vol:7 (2)

Jurnal.unsyiah.ac.id diakses pada tanggal 22 september 2019 pukul 02.24 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

License URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah

View My Stats