KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Ahmad Ghifari Tetambe, Dirman Dirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran PAI di MTs Negeri 1 Konawe, 2) Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran PAI di MTs Negeri 1 Konawe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjelaskan, mendeskripsikan, menyelidiki dan memahami secara menyeluruh terhadap peristiwa dan gejala-gejala yang diteliti dengan situasi yang dialami. Pendekatan kualitatif ini menurut peneliti sangat relevan dalam penelitian ini karena bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran PAI di MTs Negeri 1 Konawe dan Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangan media pembelajaran berbasis ICT di MTsN 1 Konawe. Berdasarkan wawancara terhadap 15 orang informan yang terdiri atas Kepala Madrasah, Guru PAI dan siswa maka peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa  1) Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT meliputi penggunaan what’s app, blog, dan e-mail. Dalam proses penggunaanya ke tiga media tersebut dikolaborasikan dalam proses pembelajaran, 2) kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di MTsN 1 Konawe dapat dilihat dari hasrat untuk mengubah hal-hal disekelilingnya menjadi lebih baik, memiliki kepekaan untuk bersikap terbuka serta tanggap terhadap segala sesuatu, siap mencoba dan melaksanakan, bersedia mencurahkan waktu dan tenaga untuk mencari serta mengembangkan, dan memiliki optimisme.

Keywords


Kreativitas Guru; Media Pembelajaran; ICT

References


Alsaleem, B. I. A. (2013). The Effect Of" Whatsapp" Electronic Dialogue Journaling On Improving Writing Vocabulary Word Choice And Voice Of EFL Undergraduate Saudi Students. Arab World English Journal, 4(3), 213–225.

Asfandiyar, A. Y. (2010). Kenapa Guru Harus Kreatif. Jakarta: Mizan Media Utama.

Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Aziz, R. (2010). Psikologi Pendidikan: Model Pengembangan Kreativitas dalam Praktik Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press.

Darmadi, H. (2000). Kemampuan Dasar Mengajar. Alfabeta: Bandung.

Dearstyne, B. W. (2011). Smart phones: The new information revolution?. The Information Management Journal, 39.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: CV Darus Sunnah.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan pembelajaran pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Ilyas, Y. (2007). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI Universitas Muhamadiyah.

Kartilawati, K., & Warohmah, M. (2014). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(01), 143–168.

Mawarsih, A. (2014). Pengaruh Electronic Mail Sebagai Media Komunikasi Terkadap Mengerjakan Tugas Kuliah Mahasiswa. Ilmu Komunikasi, 337–338.

Muflih, M., Hamzah, H., & Purniawan, W. A. (2017). Penggunaan smartphone dan interaksi sosial pada remaja di SMA Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, 8(1), 12–18.

Mujakir, M. (2017). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82–92.

Nasrullah, R. (2008). Handbook for Muslim Blogger. Jawa Timur: Mashun.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Riyanti, B. P. D. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Jakarta: Kencana.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats