PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) problematika yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring; 2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring dan 3) solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring selama masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini berlangsung di MTsN 1 Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa: 1) problematika yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring di kelas VIII di MTsN 1 Kendari antara lain; kurangnya penguasaan teknologi informasi, keterbatasan sumber daya pendukung dalam pemanfaatan teknologi seperti kualitas jaringan dan paket data,.perbedaan karakteristik siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dan kendala dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Arab Siswa yang mencakup kemampuan membaca, mendengarkan menulis dan penguasaan kosa kata (mufradat); 2) pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kendari dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan memanfaatkan bantuan aplikasi WhatsApp, Google Meet dan Zoom Meeting; 3) solusi dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kendari yakni dengan meningkatkan kompetensi penguasaan teknologi informasi melalui kegiatan workshop, menfaatkan berbagai sumber belajar seperti youtube, memberikan penugasan secara daring maupun manual dan melakukan koneksi jaringan ke anggota keluarga lainnya atau menghemat dengan cara melakukan koneksi internet saat dibutuhkan.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Bahasa Arab


Keywords


Problematika; Pembelajaran Daring; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Agus, I., & La Hadi, A. (2020). The Responses of Mathematics Pre-Service Teachers Toward Online Lectures in the Covid-19 Era. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 113. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.584

Agus, I., Sangila, M. S., & Riansyah, F. (2021). Efektifkah perkuliahan daring pada statistika pendidikan di era pandemik covid-19? Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 1(1), 1174–1181. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.1373

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.39-56

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Asmani, J. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Fauzan Wakila, Y. (2021). Konsep dan Fungsi Manajemen Pendidikan. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3(1), 49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Studi Guru Dan Pembelajaran.

Karim, A. (2018). Pengembangan Kosakata Bahasa Arab Berbasisanti Radikalisme Melalui Buku Saku Mahasiswaprogram Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid -19. Surat Edaran Permendikbud No 4 Tahun 2020.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. In Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

L, C., L, M., & K, M. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London and New York, NY: Routledge Falmer. World Agriculture.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA).

Pera Aprizal, A. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.232

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Sifat, R. I. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on domestic violence in Bangladesh. Asian Journal of Psychiatry. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102393

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Widyangsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) Di Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1106

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats