PARTISIPASI PEREMPUAN DI PERGURUAN TINGGI : SURVEI PADA MAHASISWA DI IAIN KENDARI

Aliwar Aliwar, Jahada Jahada

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis partisipasi perempuan di perguruan tinggi yaitu survey pada mahasiswa di IAIN Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik dan waktu). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan pada masyarakat kepulauan, di dukung oleh data perkembangan jumlah partisipasi perempuan dalam melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi di setiap tahunnya, khususnya yang melanjutkan Studi di IAIN Kendari. Dengan demikian temuan penelitian ini membantah asumsi bahwa perempuan tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki dalam memperoleh akses pendidikan

Keywords


Partisipasi; Perempuan, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Asmita, Dola Erianjoni, E. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus: Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 91–96.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Djafri, N. (2014). Efektivitas Kepemimpinan Perempuan dalam Karir. Musawa Journal for Gender Studies, 6.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hanani, S. (2011). Rohana Kudus Dan Pendidikan Perempuan. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 10(1), 37. https://doi.org/10.24014/marwah.v10i1.484

IAIN Kendari. (2019). Data Kemahasiswaan Pengelola Bagian Akdemik dan kemahasiswaanIAIN Kendari Tahun 2019.

Indonesia, S. (n.d.). Statistics of 70th Indonesia Independence.

Irmadani, I. S. (2021). MANAJEMEN PROGRAM PENINGKATAN MUTU GURU SEKOLAH DASAR MENUJU PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN NASIONAL. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1), 121–136. https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9800

Karim, A. (2017). Efektivitas Partisipasi Perempuan Pada Pendidikan Non Formal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. INFERENSI, 11(1), 119. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.119-140

Kirnandita, P. (2017). Kerikil Tajam Dunia Pendidikan untuk Perempuan. Online),(https://www. google. com/amp/s/amp. tirto. id/kerikiltajam-dunia~….

Muhammad, H. (2014). Islam dan Pendidikan Perempuan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 231. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.231-244

Nasir, & Lilianti. (2017). Persamaan hak : partisipasi wanita dalamm pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 36–46. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1554

Noerdin, E. (2013). Organisasi perempuan di tengah keterbukaan politik. TENTANG PENULIS, 11.

Nurcahyo, A. (2016). Relevansi Budaya Patriarki Dengan Partisipasi Politik Dan Keterwakilan Perempuan Di Parlemen. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 6(01), 25. https://doi.org/10.25273/ajsp.v6i01.878

Putri, D. M. (2016). Peran Perempuan dalam Pembentukan SDM (Sumber Daya Manusia) yang Berkualitas Menghadapi Mea (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.

Putry, R. (2016). MANIFESTASI KESETARAAN GENDER DI PERGURUAN TINGGI. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 164. https://doi.org/10.22373/je.v2i2.814

Syamsiyah, D. (2015a). Perempuan dalam Tantangan Pendidikan Global : Palastren, 8(2), 225–242. https://doi.org/10.21043/palastren.v8i2.965

Syamsiyah, D. (2015b). Perempuan dalam Tantangan Pendidikan Global: Kontribusi Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Millenium Development Goals. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 8(2), 225–242. https://doi.org/10.21043/palastren.v8i2.965

TASIA, F. E., & NURHASANAH, E. (2019). PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI DAN PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI PADA PEREMPUAN: SEBUAH STUDI LITERATUR. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(1), 1. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i1.P1-12.2764

Thompson, A. (2003). Caring in Context: Four Feminist Theories on Gender and Education. Curriculum Inquiry, 33(1), 9–65. https://doi.org/10.1111/1467-873X.t01-1-00249

Thulstrup, E. W., & Koswara, J. (2001). Participation of East Asian women in higher education with particular emphasis on science based fields. International Journal of Sociology and Social Policy, 21(1/2), 72–83. https://doi.org/10.1108/01443330110789592




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v8i2.3901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats