KONSTRUK PENYELENGARAAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI PTAI

Muhammad Hadi

Abstract


Konstruk sistem penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan agama di PTAI,

dalam perjalanannya baru tahapan program pelatihan-pelatihan. Kondisi penjaminan mutu

PTAI utamanya di Indonesia Timur saat ini dalam penyelenggaraanya tampak kurang

optimal jika dilihat dari aspek manajemen, tujuan dan sasaran dalam pengendalian mutu

pendidikan serta perbaikan proses pembelajaran. Fakta menunjukkan bahwa dalam setiap

proses penyelenggaraan pendidikan, sering terjadi kelemahan yang berulang dan

kekurangan yang tak kunjung usai, selain itu juga belum memperlihatkan perbaikan yang

signifikan yang dilakukan pimpinan, bahkan kesalahan terjadi tidak jarang pada setiap

tahunnya.

        Konstruk tentang sistem penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan PTAI

menggunakan pendekatan manajemen G. Lipsey dan Mervyn K. Lewis. Menurutnya

managenentis a process or form of work that involves the guidance ordirection of group of

people toward organizatinal goals or objectives. Management merupakan lembaga yang

berproses melalui kinerja subjek yang melakukan proses hingga mencapai tujuan yang jelas

atau goal pada suatu lembaga penjaminan mutu berfungsi mengontrol, mengevalusi,

pengaudit dan memperbaiki mutu pendidikan, terutama lingkup PTAI. Dalam teori

manajemen seorang menejer akan melakukan kegiatan yang disebut manajemen planning,

organizing, staffing, motivating, controlling untuk mencapai goal.

        Fakta penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan lingkup PTAI belum

maksimal dilakukan, kinerja lemah dan kurang berwibawa, bahkan terkesan masih

diabaikan pada tingkat implementasinya maupun pelaksanaannya dilapangan, kegiatan

penjaminan mutu hanya seputar pelatihan yang sesungguhnya kurang implementatif, dilihat

dari perspektif manajemen. Penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan lingkup PTAI

sesungguhnya adalah essesor internal atau “guru mutu” yang bertugas mengontrol,

memonitor, mengaudit, mengevaluasi dan memperbaiki proses pendidikan, jika terjadi

kesalahan atau kendala-kendala dalam penyelenggaraannya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v1i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zawiyah



View My Stats