STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sufiani Sufiani, Aris Try Andreas Putra, Muhammad Ilham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan pengaturan ruangan kelas, melakukan pendekatan  dan memberikan teguran kepada peserta didik, memperkenalkan tata tertib sekolah kepada peserta didik dan mematuhinya, menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik, berusaha memahami latar belakang peserta didik, menguasai materi pembelajaran dan cara pembelajarannya yang menarik, menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan memberi deatline terhadap tugas yang diberikan kepada peserta didik. Penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun guru mata pelajaran lainnya tentang urgennya strategi guru dalam pengelolaan kelas.

Keywords


Strategi Guru, Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta : Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. (2014) Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta : Gaung Persada.

Asbar, Andi Muhammad. (2018). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 37 Bulukumba. Al-Qalam : Jurnal Ilmiah, 12 (1).

Azhar, Muhammad. (2006). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya : Usaha Opcit.

Putra, A. T. A., Sufiani, S., & Jahada, J. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 79-90.

Budiansyah, Dasim DKK. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung : Ganeshindo.

Daradjat, Zakiyah. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP dan MTs. Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Majid, Abdul dan Andriani. (2015). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muhaimin DKK, (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Cet. V. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. (2013). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nawawi, Hadari. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta : Teras.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran, Yogyakarta : Parama Ilmu.

Rahman, Muhammad S. (2021). Strategi Penyelenggaraan PAI di Sekolah. Iqro : Jurnal Ilmiah, 8 (2).

Rochman, Chaerul. (2017). Pengembangan Kepribadian Guru. Bandung : Nuansa Cendekia.

Rohani, Ahmad. (2014). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sufiani. (2017). Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Manajemen Kelas. Al-Ta’dib : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 10 (2).

Sufiani, S., Try Andreas Putra, A., & Raehang, R. (2022). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62-75. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129

Suparlan. (2015). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta : Hikayat Publishing.

Surya, Asyraf dan Tien Rostini. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Amalia Book.

Tanaiyo, Sumiati. (2015). Strategi Mengajar Guru PAI dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Tomboriri. Skripsi : IAIN Manado.

Yamin, Martinis. (2013). Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : GP Press Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v8i2.5352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats