MENGGALI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI JENJANG SMA TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI 2017

Dirman Dirman, Ahmad Ghifari Tetambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) edisi 2017. Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi teks buku ajar dengan fokus pada identifikasi nilai-nilai moderasi beragama yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tersebut menyajikan berbagai nilai moderasi beragama, seperti toleransi, menghormati perbedaan, keadilan, dan sikap saling menghargai antarumat beragama. Namun, ada juga beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti kedalaman pemahaman konsep-konsep agama dan pengintegrasian nilai-nilai ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, buku ajar tersebut memberikan landasan yang kuat untuk pembentukan karakter yang moderat beragama bagi siswa SMA, tetapi juga memerlukan peninjauan lebih lanjut untuk memastikan bahwa nilai-nilai tersebut diterapkan secara efektif dalam pembelajaran dan praktek kehidupan sehari-hari.


References


afrizal Nur, & Lubis, M. (2015). Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrîr Wa At-Tanwîr Dan Aisar At-Tafâsîr) (The Wasathiyah Concept In The Al-Quran (Comparative Study Between Tafsir Al-Tahrir And Aisar At-Tafasir). An-Nur, 4(2), 205–225.

Agus Supriyanto, & Wahyudi, A. (2017). Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan Dan Kesadaran Individu. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7 No.2(1), 61–70.

Ainina, D. Q. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Teks Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Jenjang Smp. In Uin Malang (Vol. 26, Issue 2). Uin Malang.

Firdasari, A. F., Marjuni, A., & Usman. (2023). Implementasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 75 Lembanna Sinjai Barat. Primer Edukasi Journal. Https://Doi.Org/10.56406/Jpe.V2i2.240

Furqan, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Toleransi Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Tingkat Sma Terbitan Kemendikbud Tahun 2017. In Central Library Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang.

Henri. (2018). Penelitian Metode Analisis Isi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Jamarudin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif Al-Qur’an. 8(2).

Jamil, S. A., Waspodo, W., & Mardeli, M. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Muaddib: Islamic Education Journal. Https://Doi.Org/10.19109/Muaddib.V5i1.12530

Jamrah, S. A. (2015). Toleransi Antarumat Beragama : Perspektif Islam. 185–200.

Johari. (2020). Moderasi Agama Dalam Perspektif Fiqh ( Analisis Konsep Al-Tsawabit Dan Al-Mutaghayyirat Dalam Fiqh Serta Penerapannya Pada Masa Pandemi Covid-19 ) Johari Pendahuluan Dalam Kitab “ Mustaqbal Al-Ushuliyah Al-Islamiyah ” Yang Ditulis Oleh Yusuf Al-Qara Dhawi. 44(2), 115–135.

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186. Https://Doi.Org/10.32488/Harmoni.V18i2.414

Kementerian Agama Ri. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama Ri.

Martono, N., Yuwono, E. P., & Rahardjo, M. P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi 2. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder.

Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.820

Muhtadi, & Mustakim. (2017). Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017 (2017th Ed.). Cv Putra Nugraha.

Rahmawati, N., & Munadi, M. (2019). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di Smk N 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V8i01.309

Rukin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Suhartono. (2019). Metode Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran Ppkn Kelas Ix Di Smp Negeri 3 Krian Sidoarjo. Suhartono Bentuk-Bentuk Negara Secara Negara Indonesia Adalah Negara Yang Juga Memiliki Identitas Dengan Masyarakat Indonesia Sangat Banyak Memiliki Perbedaan ( Heterogen. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Vol.19, 19(3), 263–269.

Suparta. (2020). Strategi Pendidikan Toleransi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Keutuhan Nkri Di Bangka Belitung. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 93–110. Https://Doi.Org/10.32923/Edugama.V6i1.1749

Thohir, M., Siradj, T., & Febriani, N. A. (2023). Modul Konsep Tawassuth, Tawazun Dan Tasamuh (III). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v10i1.9286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats