PENGARUH PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK (PENELITIAN EXPOST FACTO PADA PAUD RINTISAN DI KENDARI) ASUH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK (PENELITIAN EXPOST FACTO PADA PAUD RINTISAN DI KENDARI)

Hadi Machmud

Abstract


Masalah sosial yang sering dihadapi anak adalah rendahnya keterampilan sosial, yang merupakan dasar untuk hidup berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama, mengontrol diri bertukar pikiran. Rendahmya keterampilan sosial mengakibatkan anak kurang mampu menjalin interaksi secara efektif dengan lingkungannya dan memilih tindakan agresif. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis expost facto, yang dilakukan pada 10 PAUD Rintisan di Kendari, dengan permasalahan; (1) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh demokrasi dan pola asuh otoriter?, (2) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh  demokrasi dan pola asuh permisif?, (3) apakah terdapat perbedaan keterampi lan sosial anak dengan pola asuh  pola asuh permisif dan pola asuh otoriter? Penelitian menggunakan desain faktor 2x2, dengan hasil analisis bahwa Fh = 48.093 > F0,05 (2;84) = 3,105, dengan hipotesis (H0) diterima. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan/positif  anatara pola asuh baik yang otoriter, permisif maupun demokrasi dengan keterampilan sosial anak. (1) Keterampilan sosial kelompok A2 lebih baik dari pada A1,( 2) Keterampilan sosial (A2) lebih baik dari A3), dan (3) Keterampilan sosial (A3) lebih baik dari (A1).

Kata Kunci: Pola Asuh; Keterampilan Sosial; Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Conny. Semiawan (2002). Penerapan Pembelajaran Pada Anak, Jakarta: PT.

Devins, D., Johnson, S., & Sutherland, J. (2004). Different skills and their different effects on personal development: An investigation of European Social Fund Objective 4 financed training in SMEs in Britain. Journal of

European Industrial Training, 28(1), 103-118.

Dewantara, KH (2007). Bagian Pertama: Pendidikan, Jakarta: Mejelisl Luhur Taman Siswa.

Elizabeth B. Hurlock. (2008). Child Development. 6th Ed. (Tokyo: McGraw

Hill Inc. International Student Ed.

Gerungan, WA. Psikologi Sosial, Edisi Kedua. (2002.) Jakarta:Refika Aditama.

Hurlock, E. B., Perkembangan, P., & Kehidupan, S. P. S. R. (1980). Edisi kelima. Psikologi Perkembangan (suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga, Jakarta..

Joice. S Osland, David Kolb and Irwin Rubin. (2000).The Organizational Behavior Reader, New Jersey: Prentice Hall.

Maria Utamai M. Zein. (2008). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prilaku Agresif Siswa si SLTP Ghandi Poera Jakarta, Skripsi, Jakarta.

Rosenberg, M. S. (Ed.). (2004). Educating students with behavior disorders. Pearson College Division.

Miller D.F. (Positive Child Guidance, 5th ed., Thomson, 2007)

Muhibin S, Psikologi Belajar. (2007). Ciputat: Logos Wacana.

Santrock, J.W. (2002).Life span Developmen (perkembangan Sepanjang Hayat), Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

Shapiro, L. E. (2003). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Semiawan, C.R. (2008). Pola Asuh Orangtua, Labschool Jakarta: Labschool, Hotel Sahid Jaya

Soegeng. Santosa. (2004). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini: Pendidikan Indonesia Masa Depan, Jakarta: UNJ Press.

Solehuddin.(2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Bandung: Pedagogiana Press,

Umi Irawati. (2009). Hubungan Pola Asuh yang Diterapkan Orang Tua dengan Penyesuaian Diri, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.1108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hadi Machmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.