KEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dina Komalasari

Abstract


Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Instruction (PBI) dan model sinektik dalam pembelajaran  menulis cerita pendek pada siswa sekolah menengah pertama di suatu sekolah di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Selain itu, penelitian ini juga hendak mengetahui bagaimana perbandingan efektivitas kedua model tersebut. Melalui strategi kontrol grup pre-tes-post-tes, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 47 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model PBI telah memenuhi kriteria keefektifan, begitu juga dengan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model sinektik. Hasil rata-rata nilai tes akhir siswa menunjukkan bahwa kelas yang melaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model sinektik sudah mencapai ketuntasan belajar individual.

 

Kata Kunci: Efektivitas; pembelajaran menulis cerpen; problem based instruction; sinektik


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2009). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Esten, M. (2000). Teori kesusasteraan: Pengantar teori dan sejarah. Yogyakarta: Kanisius.

Gie, T. L. (2002). Terampil mengarang. Yogyakarta: Andi.

Harjito. (2002). Sastra dan manusia: Teori dan terapannya. Semarang: IKIP PGRI.

Hernowo. (2004). Mengikat makna untuk remaja. Bandung: MLC.

Ismail. (2011). Pembelajaran sastra di SMP. Semarang: PT Andalas.

Komaidi, D. (2007). Aku bisa menulis (Panduan praktis menulis kreatif lengkap). Yogyakarta: Sabda Media.

Laksana, P. (2009). Panduan praktis mengarang-menulis. Semarang: Aneka Ilmu.

Nurimaini. (2008). Pembelajaran model sinektik. Yogyakarta: Kanisius.

Rahmanto, B. (2000). Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rosa, H. T. (2002). Teknik menulis cerpen. Cairo: Makalah Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan ICMI Pusat.

Suprijono. (2009). Langkah-langkah pembelajaran problem based instruction. Yogyakarta: Andi.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Trianto. (2009). Pengajaran model problem based instruction. Yogyakarta: Andi.

Wagiran. (2009). Keterampilan berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dina Komalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats