ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA

zainuddin zainuddin, Salam Salam, Muh. Yusuf Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat Kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan alat-alat laboratorium di Program Studi Tadris Fisika IAIN Kendari, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan alat-alat laboratorium pada mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan metode gabungan (mixed methods). Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa program studi tadris fisika angkatan 2017 yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling.   Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan Tes Perbuatan (Performance test). Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode campuran (mixed method) melalui uji t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh Faktor-faktor yang mempegaruhi kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan peralatan laboratorium yaitu (1) pengetahuan awal tentang peralatan laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi koefisien regresi sebesar 0,004 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan awal mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dalam mengoperasikan peralatan laboratorium mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Kendari. (2) ketersedian alat dan bahan laboratorium Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi signifikansinya sebesar 0,047 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini menunjukan bahwa kondisi dan keterbatasan alat dan bahan laboratorium berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan alat laboratorium mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Kendari

Kata Kunci:  Kemampuan; laboratorium fisika; peralatan laboratorium


Full Text:

PDF

References


Awitaningsih. (2012). Studi pemanfaatan peralatan laboratorium Fisika dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran Fisika kelas X dan XI di SMAN Kabupaten Banyuwangi wilayah Selatan-Barat. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2): 185-191.

Creswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Decaprio, R. (2013). Tips mengelola laboratorium sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Laila, Khusucidah. (2006) Korelasi Antara Pengetahuan Alat Praktikum dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Semerang Materi Pokok Laju Reaksi Tahun Pelajaran 2005. Semarang : UNNES Semarang.

Dyasayu. (2011). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Praktikum IPA Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Temanggung, Jurnal. Temanggung: IKIP.

Emha, H. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesda Karya

Myers, B. E. & Dyer, J. E. (2005). Effect of investigative laboratory instruction on context knowlegde and science process skill achievement across learning styles. Journal of Agricultural Education, 47.

NSTA. (2008). Standards for Science teacher preparation. NSTA in Collaboration with The Association for The Education of Teachers in Science.

Safriana, S. (2017). Pengaruh kemampuan penggunaan alat ukur listrik terhadap kemampuan psikomotrik mahasiswa pada praktikum elektronika dasar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(2), 124-130.

Said, M. L. (2011). Pengantar laboratorium Fisika. Makassar: Alauddin University Press.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundari, R. (2008). Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di madrasah aliyah negeri sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 196-212.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 zainuddin zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats