FUNGSI SIGAH AL-AMR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE RESPON FISIK TOTAL

Beti Mulu

Abstract


Keterampilan berbicara (mah>arah al-kala>m) adalah salah satu
tujuan ekspresif pembelajaran bahasa Arab yang ingin dicapai dalam
pembelajaran. Pembelajaran keterampilan berbicara merupakan
pembelajaran yang terkait dengan peningkatan kemampuan
menggunakan bahasa Arab secara lisan untuk membantu siswa
mempelajari dan berlatih berbicara dalam kegiatan belajar mengajar
agar siswa memiliki pengalaman individu sehingga mampu
berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Arab.
Metode respon fisik total adalah suatu metode pengajaran bahasa
yang dibangun berdasarkan koordinasi ujaran dan tindakan yang
berupaya mengajarkan bahasa melalui kegiatan fisik atau aktivitas
motorik. Bahasa diajarkan dengan cara mengaktifkan seluruh gerakan
tubuh. Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode respon
fisik total diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa
lisan bahasa Arab dengan tidak menggunakan teks pokok khususnya
bagi pemula, karena suara guru, tindakan-tindakannya, dan isyaratisyaratnya
sudah menjadi dasar yang cukup untuk aktivitas kelas.
Aktivitas utama adalah guru memberi perintah dan melakukan perintah.
Kata-kata perintah yang digunakan adalah s}igah al-amr untuk
menimbulkan tindakan-tindakan dan aktivitas fisik dari para siswa.
S}igah al-amr dalam pembelajaran keterampilan berbicara
khususnya bahasa Arab melalui metode respon fisik total berfungsi
sebagai sentral kegiatan pembelajaran yang meliputi fungsi sebagai
bahan ajar, dasar pemerolehan keterampilan berbicara, sumber
aktivitas guru dan siswa.
Kata Kunci: S}igah al-amr, Pembelajaran Keterampilan Berbicara,
dan Metode Respon Fisik Total.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats