STRATA PERILAKU BELAJAR STATISTIK INFERENSIAL MAHASISWA STAIN SULTAN QAIMUDDIN KENDARI

Burhan Burhan

Abstract


Pembelajaran statistik inferensial sering berkesan sangat
membosankan dan menakutkan bagi mahasiswa. Perilaku belajar
statistik inferensial mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari
sangat diperlukan dan perlu dianalisis lebih lanjut.
Keperluan analisis lanjut dimaksud melibatkan data 274 orang
mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari
tahun 2013 angkatan 2009 dan 2010 digunakan sebagai populasi.
Melalui populasi tersebut dipilih sebanyak 53 orang sebagai
resonden penelitian, dengan 14 orang (26,42 %) berasal dari
angkatan 2009 dan 39 orang (73,58 %) berasal dari angkatan 2010.
Variabel yang digunakan adalah perilaku belajar statistik inferensial
mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, yaitu 1) X1 untuk
responden yang berasal dari angkatan 2009 dan X2 untuk responden
yang berasal dari angkatan 2010.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) analisis statistik
inferensial terdapat perbedaan secara signifikan antara perilaku
belajar statistik inferensial mahasiswa angkatan 2009 dan perilaku
belajar statistik inferensial mahasiswa angkatan 2010, dan 2)
Analisis statistik deskriptif perilaku belajar statistik inferensial
mahasiswa angkatan 2009 lebih buruk dari perilaku belajar statistik
inferensial mahasiswa angkatan 2010.
Kata kunci: Analisis Statistik Inferensial, perilaku belajar
mahasiswa, strata.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats