DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN MODERN

Batmang Batmang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode langsung dalam
pembelajaran bahasa Arab di Pesantren modern, dan untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya. Dengan
penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada
semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab pada
umumnya dan khusunya di Pondok Pesantren modern.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara kualitatif
dan kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian utama dan
penelitian kuantitatif adalah merupakan penelitian pelengkap untuk
mencari data-data dengan menggunakan angka. Pegumpulan data
dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara,kuisioner dengan
mengorganisasikan fakta-fakta atau hadil pengamatan dan data-data
kuantitatif sehingga kemudian ditarik kesimpulan dari hasil tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, metode langsung
dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren modern sudah baik. hal
ini dapat dibuktikan dengan hasil angket yang telah penulis lakukan yaitu
80 % peserta didik dapat memahami pelajaran yang diberikan. Kedua
efektifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab
melalui metode langsung sudah efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan hasil tes yang kemudian dihitung denga rumus statistik
Mx=Fx:N, dan diperoleh hasil 75,5. Angka tersebut termasuk kriteria
efektif dalam standar keberhasilan yang lazim digunakan.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembelajaran, Metode Langsung.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats