PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMPN 1 KONTUKOWUNA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA

Halmuniati Halmuniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan multimedia pada materi usaha dan energi  yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Kontukowuna pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode  eksperimen dengan sampel siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol, masing-masing diberi tes awal dan tes akhir. Data pemahaman konsep diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep dengan nilai reliabilitas 0,90. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain yang dinormalisasi pemahaman konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 0,51 dan 0,42 dengan nilai thit= 1,77 > ttab=1,67 pada α = 0,05.Semua data pemahaman konsep siswa pada kedua kelas tergolong kategori sedang. Hasil uji-t satu pihak diperoleh bahwa secara signifikan rata-rata gain ternormalisasi untuk pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan Hasil ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan multimediadapat lebih meningkatkan pemahaman konsep siswa dibanding dengan model konvensional.

 

Kata Kunci : Multimedia; Problem Based Learning; Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Jogjakarta. Pustaka Pelajar.

Arikunto (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asti (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Kendari. UHO.

Cotton, C. (2011). Problem-Based learning in secondary science, Issues, 95, 42-43.

Demirel, M. & Arslan Turan, B. (2010). The effects of problem based learning on achievement, attitude, metacognitive awareness and motivation, Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi Dergisi, 38, 55-66. (in Turkish).

Hallinger, P. & Lu, J. (2011). Implementing problem-based learning in higher education in Asia: challenges, strategies and effect, Journal of Higher Education Policy and Management, 33(3), 267-285.

Inel, D. & Balim, A. (2010). The effects of using problem-based learning in science and technology teaching upon students' academic achievement and levels of structuring concepts. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 11(2).

La Hadisi, Astina, W. O., & Wampika, W. (2017). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Daya Serap Siswa di Smk Negeri 3 Kendari. Al-Ta'dib, 10(2).

Overton, T. (2007). Context and problem-based learning. New Directions in the Teaching of Physical Science, 3, 7–12.

Rakim (2008). Multimedia Dalam Pembelajaran.http://rakim-ypk.blogspot.com/(diakses 10 Februari 2017)

Sahin, M. (2010). The impact of problem-based learning on engineering students’ beliefs about physics and conceptual understanding of energy and momentum, European Journal of Engineering Education, 35(5), 519-537.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Cet III. Jakarta. Kencana.

Selcuk, G. S. (2010). The Effects of problem-based learning on pre-service teachers’ achievement, approaches and attitudes towards learning physics, International Journal of the Physical Sciences, 5(6), 711-723.

Selcuk, G.S., Caliskan, S., & Sahin, M. (2013). A Comparison of Achievement in Problem-Based, Strategic and Traditional Learning Classes in Physics. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. vol. 4. Turkey.

Tatar, E. & Oktay, M. (2011).The effectiveness of problem-based learning on teaching the first law of thermodynamics, Research in Science & Technological Education, 29 (3), 315-332.

Tarhan, L., Ayar Kayali, H., Ozturk Urek, R. & Acar, B. (2008). Problem-Based learning in 9th grade chemistry class: intermoleculer forces, Science Education, 38, 285–300.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v11i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Halmuniati Halmuniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.