HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN PROFESIONALISME GURU SD SEKECAMATAN WAWOTOBI KECAMATAN KONAWE

Siti Sabania

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang akan membuktikan hubungan kausal antara variabel bebas (independent variable) yaitu variabel motivasi kerja dan variabel terikat (dependent variable) yaitu profesionalisme guru, dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru SD Sekecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru SD sekecamatan Wawotobi kabupaten konawe yang berjumlah 276 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Multystage Random Sampling yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap pemilihan sekolah dan tahap kedua yaitu tahap penarikan unit sampling dipilih secara acak 50 % dari jumlah guru pada masing-masing sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru SD Sekecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe.Besar kontribusi variabel motivasi kerja guru terhadap profesional Guru sebesar 10,30% dengan besar korelasi antara motivasi kerja dan profesionalisme guru sebesar 0,324.

Kata Kunci : Motivasi Kerja; Profesionalisme Guru.


Full Text:

PDF

References


Anzizhan, Syafruddin. (2004). Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Danim, S. (2010).Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Daryanto.(2013). Guru Profesional. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daradjat, Z. (2008). Kepribadian guru.Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kota Malang. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Metro.

Fattah, Nanang. (2012). Landasan Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Hamalik, Oemar. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayah, E. (2008). Pengaruh kualitas pengungkapan informasi terhadap hubungan antara penerapan corporate governance dengan kinerja perusahaan di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 12(1).

Komarudin. (2000). Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar, E., & Si, M. (2014). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniadin, Didin & Machali, I. (2012). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Margono. (2005).Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta : PT Rineka Cipta

Malayu, H. (2007). Manajemen Sumber Daya manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Purnama, Ridwan. (2008). Jurnal Strategic, Volume 7, Nomor 14 Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi Cv. Epsilon Bandung

RIDA, M., Dantes, N., & Dantes, K. R. (2013). Hubungan Motivasi Kerja, Masa Kerja Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Di Gugus II Kecamatan Sukasada. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2007).Perilaku Organisasi. Alih Bahasa oleh Diana Angelina. Jakarta: Salemba Empat

Roth, G., Assor, A., Kanat-Maymon, Y, & Kaplan, H. (2007). Autonomous Motivation for Teaching: How SelfDitermined Teaching May Lead to SelfDetermined Learning.Journal of Education Psychology. 99 (4): 761774

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sagala, Saiful.2006. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sanaky, H. A. (2005). Setifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. EL TARBAWI.

Sardirman. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok.Jakarta: Rineka Cipta

Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Sabania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.