Analisis Semiotika Logo Ja-alHaq Metode Charles Sander Peirce Pada Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan makna dari tanda-tanda yang terdapat di dalam logo Ja-alHaq pada MI Plus Ja-alHaq Bengkulu. Identitas suatu lembaga merupakan cerminan dari visi, misi suatu lembaga yang divisualisasikan dalam logo lembaga. Dengan logo yang tepat. Pesan terkait dengan identitas yang diinginkan lembaga dapat terwakilkan dengan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemaknaan tanda yang terdapat pada bentuk logo Ja-alHaq. Warna dan Tipografi tersebut sesuai dengan visi dan misi Ja-alHaq yang coba diperlihatkan oleh logo. Penggunaan warna Ungu dan Magenta serta Hitam pada logo Ja-alHaq mewakili komunikasi lembaga Ja-alaHaq pada masyarakat sejalan dengan visi misi Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan simbol Kapal merupakan wujud dari identitasnya sebagai lembaga yang menjadi transportasi menuntut ilmu khususnya ilmu agama.
Kata Kunci: Semiotika, Charles Sanders Peirce, Logo, Ja-alHaq
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Anggraini, L., Nathalia, K. 2013. Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual Konsep Isu dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Caniago, Ferri. (2012). Cara Mutakhir Jago Desain Logo. Jakarta: Niaga Swadaya.
Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalansutra.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Martadi. (2002). Reposisi citra melalui logo. Jurnal Nirmana, 4(1), 62-72.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Ramanda, Akhmad. 2011. Tinjauan Makna Visual Logo Bank BJB. Jurusan Desain Komunikasi Visual, fakultas Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Sutanto, T. 2005. Sekitar Dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual. Pura-pura Jurnal DKV ITB Bandung.2/Juli.15-16.
Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Tinarbuko Sumbo. (2016). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Jurnal Panggung, 26(2), 181.
“Makna Warna dalam Desain”, dalam http://basuki.lecturer.pens.ac.id/lecture/MaknaWarnaDalamDesain.pdf, diakses tgl. 12 April 2019.
“Psikologi Berbagai Jenis Font dalam bidang Desain Grafis” https://www.dumetschool.com/blog/Psikologi-Berbagai-Jenis-Font-Dalam-Bidang-Desain-Grafis diakses tgl 12 April 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.