Representasi Kecantikan Dalam Iklan Slimmewhite (Studi Wacana Sara Mills)

Main Article Content

Nadia Faidatun Nasiha
Ari Yunaldi

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini membahas tentang representasi cantik melalui iklan SlimmeWhite yang diproduksi di Malaysia. Iklan yang berdurasi kurang lebih tiga menit tersebut, menggambarkan seorang laki-laki yang diketahui sebagai suami melakukan tindakan KDRT kepada istrinya, dikarenakan sang istri yang dianggap tidak mampu berhias diri. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah analisis wacana Sara Mills. Sara Mills sendiri merupakan salah tokoh analisis wacana yang fokus pada kajian feminisme, sehingga sangat relevan jika dikaji kedalam pembahasan. Hasil penelitian sendiri menunjukkan bahwa iklan SlimmeWhite adalah salah satu bentuk kegagalan sebuah industri barang atau produk, yaitu menjadikan perempuan sebagai sosok yang lemah, dan harus pandai dalam berhias diri.

 

Kata Kunci : Representasi, Sara Mills, Iklan, SlimmeWhite Ads

Article Details

How to Cite
Nasiha, N. F., & Yunaldi, A. (2019). Representasi Kecantikan Dalam Iklan Slimmewhite (Studi Wacana Sara Mills). Al-MUNZIR, 12(1), 165–184. https://doi.org/10.31332/am.v12i1.1326
Section
Articles
Author Biographies

Nadia Faidatun Nasiha, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ari Yunaldi, UIN Sunan Kalijaga Yogya

Mahasiswa Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

References

Bungin, M. Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa, Jakarta: Kencana.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media, Yogyakarta: Jalasutra.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana, Yogyakarta: LkiS.

Johnson, Monle Lee. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Jakarta: Kencana.

Mahmudi, Zaenul. 2009. Sosiologi Fiqih Perempuan, Yogyakarta: LkiS.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Jakarta: Salemba Humanika.

Ollenburger, Jane C. 2002. Helen A. Moore, Sosiologi Wanita, Jakarta: Rineka Cipta.

Sumber Website:

https://wolipop.detik.com/read/2017/10/17/114403/3687442/1137/iklan-produk-pemutih-kulit-malaysia-jadi-kontroversi-karena-tampilkan-kdrt,diakses14Desember pada pukul 14.57