Penerapan Metode Dakwah Mau’idzah Hasanah di Era Hoax Milenial (Pemuda Warga Puri Domas SlemanYogyakarta)
Abstract
Abstrak
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, apalagi di tahun politik ini hoax pun semakin menjamur di kalangan masyarakat khususnya milenial. Namun lepas dari itu, bahwa sarana media juga sangatlah baik jika digunakan untuk hal-hal bermanfaat seperti dakwah. Kini semakin dibutuhkan juru dakwah yang akrab dengan teknologi informasi sekaligus memahami teknik, strategi dan metode pemanfaatan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil wanwancara, observasi dan studi pustaka. Maka dari itu metode dakwah mau’idzah hasanah di era milenial cocok diterapkan untuk menimalisir maraknya berita hoax di media sosial. Para pemuda milenial/da’i harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Jika tidak, arus dakwah kian melambat dan tertinggal.
Kata Kunci: Meode Dakwah Mau’dzah Hasanah, Hoax dan Milenial.
Full Text:
PDF PDFReferences
Ali, Aziz Moh, 2012, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Arbi, Armawati, 2012, Psikologi Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah.
Arifin, Anwar, 2011, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu
Aripudin, Acep, 2011, Pengembangan Metode Dakwah, Jakarta: PT. Rajgrafindo Persada.
Aripudin, Acep, 2012, Dakwah Antarbudaya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
A, Paus Partanto, M. Dahlan Al Barri, 1994, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya : Arloka.
Basit, Abdul, 2013, Filsafat Dakwah, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Habibi, Muhammad, Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial di Era Milenial , Jurnal Komunikasi.
Helmy, Masdar, 1976, Dakwah Dan Pembangunan, Jakarta : Wijaya.
Kadir, Abdul Munsy, 1982, Metode Diskusi dalam Dakwah, Surabaya : al-Ihlash.
Kholili, M, 2008, Beberapa Pendekatan Psikologi Dalam Dakwah, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Ilaihi, Wahyu, 2013, Komunikasi Dakwah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Izudin, Ahmad dan Bayu Mitra A. Kusuma, 2017, Dakwah Milenial, Yogyakarta: PSDT Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.
Kementerian Agama RI, 2014, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah,Jakarta: Abyan.
Mahadi, Ujang, 2015, Komunikasi dan Dakwah Kontemporer, Bogor: IPB Press.
Nasrullah, Rulli, 2013, Cyber Media, Yogyakarta: IDEA Press Yogyakarta.
Munir, Amin Samsul, 2008, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam, Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Nurjannah, 2013, Radikal vs Moderat, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Saeful, Muhtadi Asep, 2012, Komunikasi Dakwah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Supena, Ilyas, 2013, Filsafat Ilmu Dakwah,Yogyakarta: Ombak.
Suparta, Munzier dan Harjani Hefni, 2015, Metode Dakwah, Jakarta: Kencana.
Soemargono, Soejono, 1983, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta : Nur Cahya.
Syamsuddin, 2016, Pengantar Sosiologi Dakwah, Jakarta: Kencana.
Tamburaka, Apradi, 2013, Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa, Jakarta: Rajawali Pers.
Uchjana, Onong Effendy, 2007. Ilmu Komunikasi Terori dan praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Warson, Ahmad Munawir,1997, Kamus Al Munawir Arab Indonesia, Surabaya : Pustaka Progresif.
Yosal, Irianta, 2009, Literasi Media; Apa, Mengapa, Bagaimana, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
https://www.viva.co.id/digital/digilife/850193-deretan-pasal-dan-ancaman-pidana-bagi-penyebar-hoax
Refbacks
- There are currently no refbacks.