PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. penelitian ini ditulis oleh Mahmud Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Cokroaminoto Makassar.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif dengan pendekatan tematik dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, Focus Group Disscussion (FGD), dan wawancara mendalam.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pembelajaran kontekstual di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar sudah berjalan dengan baik dimana guru telah menerapkan komponen-komponen pembelajaran kontekstual yang terdiri dari kontruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menyelidiki (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment) dalam proses pembelajaran di kelas.Full Text:
PDFReferences
Baharuddin.2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.Ar-Ruzz. Media Grup. Yogyakarta.
-
Cangara, Hafied, 2013, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Cetakan Pertama, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
-
De Porter, Bobbi & Hernack Mike. 2007, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Penerjemah Alwiah Abdurrahman. Kaifa. Bandung.
-
De Porter, Bobbi, Readon Mark, Singer-Nouri Sarah. 2002, Quantum Teaching mempraktekkaan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, Penerjemah Ary Nilandari. Kaifa. Bandung.
-
Effendi, Uchyana, Onong. 2004, Dinamika Komunikasi, cetakan keenam, September, PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
-
Effendi, Uchyana, Onong. 2007, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, cetakan keduapuluh satu, September, PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
-
Johnson, Elaine. 2007. Contextual Teaching and learning menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Penerjemah Ibnu Setiawan, Bandung. MLC.
-
Miller, Katherine.2005. Communication Theories Perspectives, Processes, and Contexts. Second edition. Mc. Graw Hill International Edition.
-
Sutikno,Sobry. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung, NTP Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.