Pola Tuturan Negosiasi Penjual Sebagai Upaya Meraih Minat Pembeli
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pola tuturan interaksi negosiasi penjual dan pembeli di pasar tradisional Kolaka. Metode penelitian ini adalah kualitatif berdasarkan prinsip metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan tuturan-tuturan yang bersumber dari tuturan langsung penjual dan pembeli dalam proses negosiasi jual-beli di pasar tradisional Kolaka.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik rekam dan Teknik simak catat. Adapun, tahap-tahap analisis yang digunakan, sebagai berikut. (1) mengidentifikasi data, (2) mengklasifikasi data, (3) menganalisis data, (4) menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini ditemukan empat pola tuturan yang digunakan oleh penjual. Yaitu, pola panggilan-jawaban, pola permintaan infromasi-pemberian informasi, pola permintaan-mempersilakan, pola tawaran-penerimaan, dan pola tawaran-penolakan.
Full Text:
PDFReferences
Gusnawaty. (2013). Pola Sapaan dalam Bahasa Bugis: Ritual Harmoni yang Merekatkan. Prosiding Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia (KIMLI).
Hasyim, M., Nursidah, Hasjim, M. (2019). Online advertising: how the consumer goods speaks to women, Opción, 35 (89), 826-845.
Kotler, Philip., Amstrong, Gary. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Levinson, Stephen C. (1983). Pragmatics. London: Cambridge University Press.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwoko, Herudjati. 2008. Discourse Analysis. Kajian Wacana bagi Semua Orang. Jakarta: PT Indeks.
Rahman, Fathu. (2017). Cyber Literature: A Reader –Writer Interactivity. International Journal of Social Sciences & Educational Studies.), Vol.3, (4), 156-164.
Rahman, Fathu. (2019). Meretas Jalan Publikasi Jurnal Internasional bagi PTN-PTS di Kota Watampone. Jurnal Ilmu Budaya, Volume 7, (1), 146-151
Saputra, W.I., Hasyim, M., Junus, F.G. 2020. Perspektif Media Prancis dalam Pemberitaan Pencemaran Air di Indonesia. Jurnal Al-Munzir, 13 (1), 19-34
Saeni, R., Hasyim, M., Arya, N. (2020). The Factory Industry and Local Community around a PT Semen Tonasa Factory: A Case study of Two Communities in the Pangkep Regency. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13 (7), 1195-1209.
Yunus, Muhammad. (2020). Pasangan Bersesuaian Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Hanyar Banjarmasin. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.