Media Baru Sebagai Media Literasi Agama Bagi Mahasiswa Tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan Mahasiswa Tuli di Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga yang memanfaatkan media baru sebagai sumber pengetahuan dan pengamalan keagamaan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara melalui google form dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Tuli yang ada di Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga telah memanfaatkan media baru sebagai penunjang atau pendukung untuk mengakses dan mendapatkan pengetahuan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan dan kepemilikan teknologi komunikasi yang cukup accessible bagi mereka di antaranya youtube yang memiliki subtitle, google chrome, aplikasi Al-Qur’an digital, instagram, facebook, aplikasi umma, whatsapp, website muslim or.id. Media-media tersebut digunakan untuk mengakses dan mempelajari Agama Islam, di antaranya fiqh, tauhid, salat, bacaan iqra, surah Al-Fatihah, hukum-hukum Islam, cara membaca Al-Qur’an, bacaan salat 5 waktu, surah-surah pendek dalam Al-Qur’an, cara memaksimalkan ilmu Agama Islam, kisah-kisah Nabi Muhammad dan para sahabatnya, sejarah Agama Islam dan non Islam, Al-Qur’an serta Hadis, yang pada akhirnya keilmuan tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Media baru, Literasi Agama, Mahasiswa Tuli.
Full Text:
PDFReferences
Annur, Cindy Mutia (2019). Survei APJII: Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Capai 64,8%, dalam https://katadata.co.id/berita/2019/05/16/survei-apjii-penetrasi-pengguna-Internet-di-indonesia-capai-648, diakses 28 November.
Departeman Agama RI (2009). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Syaamil Qur’an.
Fakhruroji, Moch (2017). Dakwah di Era Media Baru, Teori dan Aktifisme Dakwah di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Flew, Terry (2008). Media: an introduction 3rd Edition (South Melbourne: Oxford University Press, yang dikutip dan diterjemahkan oleh Heri Juanda, "Media Sosial sebagai Penyebaran Informasi Pemerintah Aceh ", Jurnal Peurawi Media Kajian Komunikasi Islam 1, no. 1. 2015.
Gafar, Abdoel (2008). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 8 (2), 36.
Google play (2020). “Al Quran Indonesia, dalam https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andi.alquran.id&hl=in, diakses tanggal 20 Juni
__________ (2020). Transkripsi Instan, dalam https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.audio.hearing.visualization.accessibility.scribe&hl=in, diakses tanggal 17 Mei.
__________ (2020), Umma, dalam https://play.google.com/store/apps/details?id=com.muslim.android&hl=in, diakses tanggal 07 Juni.
International Labour Organization (2013). Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. Jakarta: ILO.
Jinan, Mutohharun (2013). Intervensi New Media dan Impersonalisasi Otoritas Keagamaan di Indonesia. Jurnal Komunikasi Islam 3(2),322-333.
KEMDIKBUD (2020). Kemensos Hadirkan Beragam Layanan Dan Program Bagi Penyandang Disabilitas, dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/kemensos-hadirkan-beragam-layanan-dan-program-bagi-penyandang-disabilitas, diakses 08 Maret.
Kriyantono, Rachmat (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: KENCANA.
__________ (2010). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Maftuhin, Arif (2014). Aksesibilitas Ibadah bagi Difabel: Studi atas Empat Masjid di Yogyakarta. INKLUSI 1(2), 266-267.
_____________ (2019). Masjid Ramah Difabel: Dari Fikih Ke Praktik Aksesibilitas. Yogyakarta: LKiS.
McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta:Salemba Humanika.
Morissan (2014). Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi 13(1), 60.
Morissan, Andy Corry Wardhani, Farid Hamid (2013). Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.
PLD UIN Sunan Kalijaga (2020). Hastu Goes to Google, dalam http://pld.uin-suka.ac.id/2019/06/hastu-goes-to-google.html, diakses 08 Maret.
__________ (2020). Pengelola, dalam http://pld.uin-suka.ac.id/p/pengelola.html, diakses 03 April.
Rahmawati, Annisa. Hanny Hafiar, dan Siti Karlinah (2019). Pola Komunikasi Kaum Tuli Dalam Media Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi 8(2),232.
Rakhmat, Jalaluddin dan Idi Subandy Ibrahim (2016). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rohim, Syaiful (2016). Teori Komunikasi : Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiawan, Wawan (2017). PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan 2017. Sukabumi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Soleh, Akhmad 2016. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi: Studi Kasus Empat Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Yogyakarta: LKiS.
Wahid, Abdul. Irfan Abubakar, dkk (2019). Masjid di Era Milenial: Arah Baru Literasi Keagamaan. Jakarta: Center for the Study of Religion and Culture.
Wawancara dengan AI (2020). Mahasiswa Tuli fakultas Adab dan Ilmu Budaya semester 6, kondisi Tuli saat ini masuk dalam kategori berat, tanggal 23 April.
Wawancara dengan FA (2020). Mahasiswa Tuli fakultas SAINTEK semester 4, kondisi Tuli saat ini masuk dalam kategori sedang, tanggal 23 April.
Wawancara dengan LA (2020). Mahasiswa Tuli fakultas Tarbiyah dan Keguruan semester 6, kondisi Tuli saat ini masuk dalam kategori ringan, tanggal 23 April.
Wawancara dengan NN (2020). Mahasiswa Tuli fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora tidak menyebutkan semester , kondisi Tuli saat ini masuk dalam kategori sangat berat, tanggal 24 April.
Wawancara dengan NN dan SS (2020). mahasiswa Tuli, tanggal 29 Mei.
Wawancara dengan NS (2020). Mahasiswa Tuli fakultas Adab dan Ilmu Budaya semester 4, kondisi Tuli saat ini masuk dalam kategori berat, tanggal 23 April.
Wawancara dengan SS (2020). mahasiswa Tuli dan koordinator pengajian Tuli, tanggal 01 Juni.
Refbacks
- There are currently no refbacks.