PENDEKATAN, LANDASAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Main Article Content

Jabal Nur

Abstract

Abstrak: Bahasa Arab memiliki karakteristik dan
kesulitan yang tinggi. Oleh sebab itu perlu pendekatan,
landasan dan model pembelajaran yang mumpuni.
Tulisan ini mengetengahkan berbagai pendekatan dalam
pembelajaran bahasa Arab. Diasumsikan bahwa bahasa
itu harus dikomunikasikan secara aktif, untuk itu siswa
diberi kesempatan yang luas untuk mengekpresikan
perasaannya melalui ungkapan bahasa arab. Disamping
itu perlu ada landasan untuk meramu metode
pembelajaran yang tepat, sehingga kita dapat
mempetakan materi prioritas, akurasi, gradasi, motivasi
dan pemantapan. Hal penting yang lain adalah model
pembelajaran yang variatif dan inovatif untuk mencapai
empat kemahiran berbahasa yaitu: mendengar, berbicara,
membaca dan menulis.
Kata Kunci: Pendekatan, landasan, model
pembelajaran, pembelajaran aktif.

Article Details

How to Cite
Nur, J. (2013). PENDEKATAN, LANDASAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-MUNZIR, 6(2). https://doi.org/10.31332/am.v6i2.256
Section
Articles