Pesantren Modern dan Tradisional Cermin Komunikasi Pembangunan Agama
Abstract
Komunikasi membangun terjalinnya harmonisasi umat beragama. Saat ini, keberagamaan cenderung banyak mengundang konflik. Komunikasi menjadi sangat dibutuhkan untuk membantu pembangunan nasional. Nilai-nilai pendidikan karakter menjadikan pesantren modern dan tradisional mencetak generasi berakhlakul karimah dan mampu berkiprah di masyarakat. Penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi deskriptif analitis. Hasil penelitian yang diperoleh; Pertama, perananan tokoh alumni Pondok Pesantren sebagai pelaku terjalinnya komunikasi pembangunan agama. Kedua, ajaran akhlakul karimah di Pondok Pesantren berlaku kepada siapapun tanpa diskriminasi. Ketiga, lembaga Pondok Pesantren menjadi alternatif masyarakat memperdalam agama. Tujuan penelitian ini ialah peranan penting pesantren untuk menjalin komunikasi antar umat beragama.
Kata kunci: Komunikasi, pembangunan, agama, pesantren
Full Text:
PDFReferences
Menteri Jokowi yang Pernah Jadi Santri—News Liputan6.com. (n.d.). Retrieved February 11, 2021, from https://www.liputan6.com/news/read/3135967/6-menteri-jokowi-yang-pernah-jadi-santri
Basri, H. (2017). EKSISTENSI PESANTREN: ANTARA KULTIVASI TRADISI DAN TRANSFORMASI EDUKASI. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 313. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2367
Daulay, H. P. (2007). Sejarah pertumbuhan dan pembaruan pendidikan Islam di Indonesia (Ed. 1., cet. 1). Kencana Prenada Media Group.
EMIS | Dashboard | Pendis Kemenag. (n.d.). Retrieved February 11, 2021, from http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=data-pontren
Hielmy, I. (1999). Pesan Moral dari Pesantren: Meningkatkan Kualitas Umat, Menjaga Ukhuwwah. Nuansa.
Home, Sultra. (n.d.). Kebijakan Kementerian Agama Dalam Pembinaan Kerukunan Umat. Antara News Sultra. Retrieved February 13, 2021, from https://sultra.antaranews.com/berita/264132/kebijakan-kementerian-agama-dalam-pembinaan-kerukunan-umat
Ibrahim, R. (2014). Eksistensi Pesantren Salaf di Tengah Arus Pendidikan Modern. Analisa, 21(2), 253. https://doi.org/10.18784/analisa.v21i02.19
Inilah Alumni Pondok Modern Gontor Yang Jadi Tokoh Paling Berpengaruh Di Indonesia. (2021, January 6). ISLAM ISLAMI. http://islamislami.com/2021/01/06/alumni-pondok-modern-gontor-yang-paling-berpengaruh-di-indonesia/
Kartodirjo, S. (1993). Pengantar Sejarah Indonesia Baru:1500-900 Dari Emperium Sampai Imperium. Gramedia.
Kompri. (2018). Manajemen dan kepemimpinan pondok pesantren (Edisi pertama, cetakan ke-1). Prenadamedia Group, Divisi Kencana.
Mashudi A, U. (2005). Metamorfosa Pesantren, Tradisi, Modernitas dan Postradisionalisme. Mozaik Pesantren.
Meylaz, S. (2014). Pelaksanaan Integrasi Pesantren Salaf (Tradisional) dan Khalaf (Modern) di Pondok Pesantren Qotrun Nada. UIN Syarif Hidayatullah.
Rambe, S. (2016). PERKEMBANGAN PESANTREN DARI TRADISIONAL KE MODERN. 2, 16.
Sazali, H., & Guntoro, B. (2015). PENGUATAN TOLERANSI AGAMA “ANALISIS KOMUNIKASI PEMBANGUNAN AGAMA.” 08, 14.
Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren Sekolah dan Madrasah, Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. LP3ES.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Islam, 8, 22.
Tolib, D. A. (2015). PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN. Vol ., 1, 7.
Wiantamiharja, I. S. P. (2019). Implementasi Toleransi Beragama di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Universal Bandung). Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v2i1.4267
Refbacks
- There are currently no refbacks.