Konsep Hijrah Kaum Millenial (Kajian Media dan Dakwah)
Abstract
Hijrah menjadi fenomena dewasa ini. Banyaknya public figure yang berhijrah menjadi salah satu pendorong maraknya hijrah di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep hijrah di kaum milenial, juga untuk mendeskripskan sumber referensi mereka tentang konsep hijrah. Kaum milenial, baik sebagai pengguna media aktif, juga sebagai kaum yang mencari jati diri. Objek penelitian artikel ini adalah mahasiswa semester VI pada Perguruan Tinggi Islam di Jawa Timur, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawanca, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebagian kaum millennial memahami hijrah tidak hanya pada penggunaan simbol-simbol keagamaan, seperti mengenakan kerudung panjang, niqob, kaos kaki oleh kaum wanita ataupun mengenakan celana cingkrang dan jenggot oleh kaum adam, tidak pula dipahami sebagai perpindahan tempat tinggal seperti yang dicontohkan oleh rosulullah yaitu pindah dari Mekah ke Madinah. Pada hakikatnya, hijrah memiliki makna yang luas, hijrah dapat mencakup perubahan pola pikir dan perilaku dari yang sebelumnya jauh dari nilai-nilai agama menjadi pola pikir dan perilaku yang lebih dekat dengan nilai-nilai agama. Perbedaan persepsi pada kaum millennial disebabkan oleh sumber informasi yang mereka peroleh. Sebagian dari mereka memperoleh sumber informasi dari buku-buku referensi keagamaan, ceramah ustad di media sosial dan kajian-kajian di kampus yang rutin mereka ikuti.
Kata Kunci: hijrah, kaum millennial, dakwah, media sosial
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Muhammad Qodaruddin. Pegantar Ilmu Dakwah, Jakarta: Qiara Media, 2019.
Addini, Agnia. Fenomina Gerakan Hijrah dikaum Pemuda Muslim sebagai Mode S osial, Journal of Islamic Civilization, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2019.
Al-Jauziyah, Ibnu Qoyyim, Bekal Hijrah Menuju Allah, Jakarta: Gema Insani Press, 2009.
Annisa, Firly. Hijrah Milenial: Antara Kesalehan dan Populism, MAARIF Vol. 13, No. 1, Juni 2018.
Fajriani, Suci Wahyu dan Yogi Suprayogi Sugand, Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas, Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 3, No.2, Juni 2019.
Hatta, M. Media Sosial sebagai Sumber keberagamaan Alternatif Remaja dalam Fenomena Cyber religion, http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dakwah/article/viewFile/12044/pdf
Jazuli, Ahzami Samiun. Hijrah dalam Pandnagan Al-Qur’an, Depok: Gema Insani, 2006.
Mastori, Pemikiran Politik Dakwah, Yogyakarta: Deepublish, 2012.
Muhammad, Ahmad AbdulAzhim Strategi Hijrah: Prinsip-prinsip Ilmu dan IlhamTuhan, Tiga Serangkai, 2004.
Musa, Tren Hijrah dan Isu Radikalisme dalam Meningkatkan Kualitas Masyarakat, Jurnal Ilmiah Sustainable, Vol. 2 No. 2 Desember 2019.
Nugraha, Risris Hari, dkk, Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah digital, Muharrik: Jurnal Dakwah dan Sosial, Vol.3, No.02, (2020).
Prasanti, Ditha Ditha dan Sri Seti Indriani, Konstruksi Makna Hijrah Bagi Anggota Komunitas Let’s Hijrah Dalam Media Sosial Line, Al Izzah: Jurnal Hasil- Hasil Penelitian, Vol. 14, Nomor 1, Mei, 2019.
Shihab, M. Qurasih, Kosakata Keagamaan, Tangerang: Lentera Hati, 2020.
Taufik,Tata Dakwah Era Digital: Sejarah, Metode dan Perkembangan, Jakarta: Al-Ikhlash, 2020.
Wahyuni, Umi MD dan Siti Achiria, Peran Trend dan Motif HijrahTerhadap Pembelian Busana Muslimah Di Kota Palu, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 1 No. 2 Tahun 2019.
Zahara, M.N, dkk, Gerakan Hijrah: Pencarian Identitas Untuk Muslim Milenial di Era Digital, Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 58-70, 2020.
Zulhazmi, Abraham Zakky dan Erma Priyanti, Eksistensi komunitas hijrah dan dakwah masa kini: Studi komunitas jaga sesama Solo, Jurnal Ilmu Dakwah, Volume 40 No 2 (2020)
Refbacks
- There are currently no refbacks.