Tindak Tutut Persuasif Direktif Berbahasa Bugis pada Poster Covid-19 di Kabupaten Maros
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur serta strategi tindak tutur persuasif direktifyang digunakan dalam poster COVID-19 Berbahasa Bugis di Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur berdasarkan teori Searle dan strategi persuasif menurut Keraf, lalu kemudian menginterpretasi data berupa poster COVID-19 berbahasa Bugis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk tindak tutur persuasif dalam poster COVID-19 meliputi 2 kategori yakni, pertama tindak tutur persuasif kategori direktif, yang terdiri atas tindak tutur persuasif kategori direktif menyuruh, tindak tutur persuasif kategori direktif melarang, tindak tutur persuasif kategori direktif mengajak, dan tindak tutur persuasif kategori direktif menanyakan.
Kata Kunci: Tindaktutur, Persuasif Direktif, BahasaBugis, Poster Covid- 19, Maros
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah. 2016. Karakteristik Penggunaan Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Putri Aisyiyah Palu. Palu: Universitas
Arief, Nur Fajar. 2015. Tindak Tutur Dalam Wacana Kelas. Malang: Word Wide Readers
Arifiany, Nurima, Dkk 2016. Pemaknaan Tindak Tutur Direktif Dalam Komik”Yowamusi Pedal Chapter 87-93. Jurnal Japanesen Literatur. Volume 2(1): 1-11.
Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: 2010.
Haikal, Faril. 2020. Persepsi Masyarakat Kota Medan Tentang Penyebaran Dan Antisipasi Virus Corona. Medan: Universitas Muhammadiyah
Ibrahim, Abd Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya-Indonesia: Usaha Nasional
Jahdiah. 2020. Jenis Dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Bahasa Bugis Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan: Tinjauan Pragmatik. Kalimantan Selatan: Balai Bahasa.
Jumanto. 2017. Pragmatik Edisi 2 Dunia Linguistik Tak Selebar Daun Kelor. Yogyakarta Morfaliguna.
Kurniawan, Prasetyo Yuli. 2020. Analisis Tanda Dan Lambang Pada Banner Pencegahan Penularan Covid-19. Brebes: Universitas Muhadi
Kurniawan, Ridho. 2020. Tindak Tutur Persuasif Pedagang Kaki Lima Di Pasar Kaget Gelora Haji Agus Salim Padang. Padang: Universitas Andalas
Leech. Geoffrey. 2011. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Jakarta
Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. Cambridge: University Press
Saleh, F., & Nasrullah, I. (2019). Sapaan Keakraban Remaja Sebagai Pemicu Konflik di Makassar: Kajian Pragmatik. Jurnal Idiomatik, 2(1), 24-31.
Saleh, F., Lukman, F. R., & Hasyim, M. Metaphor in the Bugis Language Expression of the Sidenreng Dialectin South Sulawesi.
Salim, Aimanus. 2017. Implementasi Tindak Tutur Imperatif Dalam Slogan Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Saifudin, Akhmad. 2019. Teori Tindak Tutur Dalam Studi Linguistik Pragmatik. Semarang. Universitas Dian Nuswantoro
Searle. 1969. Speech Act An Essay In The Philosophy Of Languag. London: Cambridge University.
Serliana. 2021. Tindak Tutur Persuasif Bahasa Makassar Di Kabupaten Jeneponto. Makassar: Universitas Hasanuddin
Setiabudi, Rizkia Putri. 2018. Tindak Tutur Persuasifdebat Calon Gubernur DKI Jakarta 2018 Putaran Pertama Pada Media Televisi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Sholehah, Siti. 2013. Tindak Tutur Persuasif Dalam Wacana Iklan Komersial Produk Kecantikan Berbahasa Indonesia Pada Situs Internet. Jember: Universitas Jember
Sukmawati, Azizah. 2020. Tindak Tutur Perlokusi Dalam Tagline Tentang Bahaya COVID-19 Di Media Sosial. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sulistiyadi. 2013. Tindak Tutur Asertif Dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Suryatin, Eka. 2018. Tindak Tutur Direktif Bahasa Indonesia Pada Poster Kesehatan Di Puskesmas Kota Banjarbaru. Banjar Baru: Balai Bahasa Kalimantan Selatan
Sutomo, Agustinus Bandar. 2018. Tindak Tutur Dan Maksud Iklan Luar Ruangan Jalan Gejayaan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Tadulako, Sholehah Siti. 2013. Tindak Persuasif Dalam Wacana Iklan Komersial Produk Kecantikan Berbahasa Indonesia Pada Situs Internet. Jember: Universitas Jember
Tarigan, Hendry Guntur 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.
Taufik K, Sulam. 2013. Wujud-Wujud Tuturan Persuasif Dalam Kampanye Pemiihan Bupati Dan Wakil Bupati Pasuruan Tahun 2008 Ditinjau Dari Perspektif Tindak Tutur. Sidoarjo: STIKP PGRI Sidoarjo
Turisia, Nanda. 2018. Tindak Tutur Dalam Wacana Persuasif Iklan Sabun Di Teevisi. Jember: Universitas Jember.
Wiyatasari, Reny 2015 Teknik Penerjemahan Tindak Tutur Direktif Dalam Cerpen Doktor Sihir Kaya Iwaya Sazanami Dan Larilah Melos Karya Dazai Osamu. Jurnal Bahasa Sastra Dan Budaya Jepang. Volume 4, No.2 Hlm.42-45
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yule, George. 1996. Pragmatics. Ed. H.G Widdouson. Oxford University Press
Yusliana, Emy. 2021. Bentuk Tindak Tutur Imperatif Bahasa Bugis Dalam Khutbah Jumat. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Yusri. 2016. Ilmu Pragmatik Dalam Perspektif Kesopanan Berbahasa. Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.