Persepsi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Terhadap Konten Dakwah Pada Siaran Radio FAJAR 107.7 FM
Abstract
Artikel ini membahas bagaimana persepsi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari terhadap konten dakwah pada siaran Radio Fajar 107.7 FM, yang merupakan radio komunitas pada program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kendari. Segmen pendengar dari radio ini adalah 90% adalah mahasiswa IAIN Kendari dan masyarakat yang berada diseputaran kampus IAIN Kendari. 90% dari Konten siaran pada Radio Fajar bernuansa Islami dan mengusung pesan-pesan dakwah dalam setiap acaranya. Selebihnya diisi dengan konten informasi seputar kampus dan music yang sedang popular di kalangan mahasiswa dan pendengar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap konten dakwah Radio Fajar adalah media audio tersebut menyalurkan berbagai pengetahuan agama, sehingga dapat mengarahkan pendengar kepada jalan kebaikan. Agar siaran di Radio Fajar bisa diterima pendengar dengan baik khususnya siaran dakwah maka perlu suatu pembaharuan mengenai konten dakwah yang tepat sehingga Civitas Akademika IAIN Kendari tidak merasa bosan dengan siarannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatur menu siaran acara yang bersifat edukatif, informatif, persuasif, komunikatif, stimulatif serta pengaturan peralatan siaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Radio Fajar, IAIN Kendari, Dakwah.
Full Text:
PDFReferences
Abda, Slamet Muhaemin. 1994. Prinsip-prinsip Metodologi Dakwah. Surabaya: Al Ikhlas.
Alam, Tombak. 1990. Kunci Sukses Penerangan dan Dakwah. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aziz, Jum’ah Amin Abdul. 2005. Fiqih Dakwah: Prinsip dan Kaidah Asasi Dakwah Islam. Surakarta: Era Intermedia.
Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bachtiar, Wardi. 1997. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustakasetia.
Daulay, Hamdan. 2001. Dakwah di Tengah Persoalan Budaya dan Politik,Bandung: LESFI.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Effendi, Lalu Muchsin dan Faizah. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Radio Siaran Teori dan Praktek. Bandung: CV. Mandar Maju.
Ghazali, M. Bahri. 1997. Da’wah Komunikatif: Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: CV. Pedoman IlmuJaya.
Hadi, Sutrisno. 1995. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Halimi, Safrodin. 2008. Etika Dakwah dalam Perspektif Alqur’an antara Idealitas & Realitas Sosial. Semarang: Walisongo Pers.
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/-pengertian-radio/, akses 22/10/2019.
http://tenie-penyiaran.blogspot.com/2010/02/pengertian-radio-komunitas.htmlAkses 04/03/2019
Ilaihi, Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Masduki. 2001. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter & Penyiar.Yogyakarta: Lkis.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: kencana.
Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Muis, A. 2001. Komunikasi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Munir, M. 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.
Muriah, Siti. 2000. Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Ningrum, Fatmasari. 2007. Sukses Menjadi Penyiar, Script Writer & Reporter Radio. Jakarta: Penebar Swadaya.
Pimay, Awaludin. 2005. Paradigma Dakwah Humanis: Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifudi Zuhri. Semarang: Rasail.
Poerwadarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prayudha, Harley. 2005. Radio: Suatu Pengantar untuk Wacana, dan PraktikPenyiaran. Jawa Timur: Bayumedia.
Riswandi. 2009. Dasar-Dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Romli, M. Syamsul Asep. 2004. Broadcast Journalism: panduan menjadi penyiar, reporter & script writer. Bandung:Nuansa.
……………………... 2007. Broadcast For Teen Jadi Penyiar Itu Asyik Lho. Bandung:Nuansa.
Sevilla, Consuelo G. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.
Shaleh, Rosyad. 1977. Manajemen Da’wah Islam. Jakarta: PT Bulan Bintang.
Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumadi. 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: al-Ikhlas.
Tasmara, Toto. 1997. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Ya’qub, Hamzah. 1981. Publisistik Islam: Teknik Dakwah dan Leadership.Bandung: CV. Diponegoro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.