REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN BERHIJAB MELALUI INSTAGRAM
Abstract
Riset ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana kecantikan direpresentasikan melalui akun instagram selebgram hijab, observasi ini menggunakan tiga akun selebgram hijab Indonesia yang gayanya dibandingkan antara hijab selebgram, syar’i selebgram dan cadar selebgram. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis tekstual dan visual dari teori semiotika Roland Barthes dan konsep-konsep representasi dan identitas yang diungkapkan Stuart Hall, Paul DuGay dan kawan-kawan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa mitos kecantikan masih eksis tetapi dalam bentuk strategi berbeda, representasi kecantikan melalui displin tubuh dipertontokan melalui kulit dan make up. Pada akhirnya perempuan berhijab dalam konteks ini tetap tidak bisa melepaskan diri dari mitos kecantikan. Norma-norma agama dikompromikan dengan modernitas dan komersil tidak bisa menghilangkan mitos yang telah ada.
Kata kunci: Representasi, Kecantikan, Jilbab
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.