FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menyajikan informasi tentang salah satu jaringan media sosial yang bisa digunakan oleh para da’i dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah yaitu facebook. Fasilitas tersebut merupakan suatu alternatif yang efektif dalam upaya untuk menghubungkan antara individu yang satu dengan yang lain agar terjalin hubungan silaturrahmi yang harmonis dan saling menguntungkan.Salah satu unsur yang sangat menunjang di dalam proses berlangsungnya dakwah yang dikenal pula dengan istilah media dakwah. Media dakwah, tidak cukup hanya mengandalkan media-media tradisional, seperti melalui ceramah-ceramah dan pengajian-pengajian yang masih menggunakan media komunikasi oral atau tutur. Penggunaan media-media komunikasi modern sesuai dengan taraf perkembangan daya pikir manusia harus dimanfaatkan sedemikian rupa, agar dakwah Islam lebih mengena sasaran dan tidak out of date. Diantaranya adalah facebook sebagai salah satu jaringan media sosial. Facebook sebagai salah satu media dakwah tidak dapat dipungkiri juga memiliki dampak positif dan negatif dalam menyampaikan dakwah. Diantara dampak positifnya adalah Dakwah via media facebook merupakan alternatif dakwah selain dakwah melalui kontak langsung tatap muka dan dakwah dalam bentuk tulisan panjang selain dalam bentuk message dan status, juga dapat disampaikan lewat notes atau catatan dan gambar dalam photo. Adapun dampak negatifnya, diantaranya adalah Tulisan-tulisan bernada dakwah yang di postkan oleh status maupun notes atau catatan, biasanya komentarnya jarang dan efek dari proses dakwah via facebook ini kurang bisa diamati secara maksimal karena bersifat maya.
Kata Kunci: Facebook dan Media Dakwah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.