AKTIFITAS PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
Abstract
Pendidikan saat ini menjadi kebutuhan masyarakat yang paling utama dalam menghadapi masa depan bangsa, hal ini menjadi kesempatan bagi pebisnis khususnya bisnis dalam bidang pendidikan. Saat ini, persaingan perguruan tinggi baik negeri (PTN) dan swasta (PTS) di Indonesia dalam memperebutkan mahasiswa cukup berat. Penelitian ini bertujuan menganalisis Aktifitas promosi, efektifitas, dan faktor penghambat promosi dengan menggunakan metode campuran (mixed methode). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari tim promosi dan calon mahasiswa baru Program Studi Ilmu Komunikasi UMI sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data dan tehnik uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMI adalah Iklan, Personal Selling, Publisitas, dan Word of Mouth. Iklan secara parsial adalah variabel yang paling berpengaruh (44,4%) sedangkan variabel yang paling sedikit pengaruhnya adalah Publisitas (29,3%). Variabel Iklan, Personal Selling, Publisitas, dan Word of Mouth secara serempak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa sebesar 75,6 % sedangkan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Faktor penghambat kegiatan promosi selama ini adalah dana promosi yang kurang, dan SDM yang belum solid.
Kata kunci: Aktifitas Promosi, Peningkatan Jumlah mahasiswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.