ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA PALOPO

Baderiah Baderiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lima nilai utama pendidikan karakter (nilai religius, nasionalis, kemandirian, gotong-royong, dan integritas) yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam K-13 di SMA Negeri Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI, siswa, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan guru PAI belum sampai pada inovasi yang maksimal dalam melakukan analisis kurikulum. Hal ini disebabkan karena guru PAI tidak melakukan analisis kurikulum dengan baik, sehingga kurikulum yang digunakan merupakan hasil dari kegiatan MGMP PAI yang belum tentu sesuai dengan karakter dan kebutuhan para siswa. Selain itu, pengembang kurikulum tidak memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke semua kompetensi dasar bidang studi, sehingga muncul keseragaman pengaplikasian pendidikan karakter terhadap peserta didik. Oleh karena itu, penelitian menyarankan kepada Guru PAI untuk membuat perangkat pembelajaran berdasarkan pengembangan nilai-nilai karakter, baik RPP, maupun materi ajar yang diberikan, serta selalu mengevaluasi penerapan nilai pendidikan karakter oleh peserta didik, baik secara implikasi dalam bersikap maupun prakter-praktek ibadah.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013; pendidikan agama Islam; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Arief, A. (2015). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam upaya menghadapi tantangan global. Tarbiyah: Journal of Education in Muslim Society, 1(2).

Azra, A. (2002). Paradigma baru pendidikan nasional: Rekonstruksi dan demokratisasi, Cet. I. Jakarta: Kompas, 2002.

Darmayanti, S. E., dan Wibowo, U. B. (2002). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Darus Sunnah, 2002.

Emiasih, D. (2013). Pengaruh pemahaman guru tentang pendidikan karakter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(2).

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2).

Gunawan, F. (2014). Pendidikan karakter, hipotesis Saphir-Whorf dan bahasa intelek di media sosial. Al-Ta'dib, 7(1), 1-18.

Gunawan, F. (2015). Pornoteks dalam lirik lagu dangdut: Refleksi pendidikan karakter masa kini. Al-Ta'dib, 8(1), 1-18.

Gunawan, F. (2017). Analysing character education values at SDIT Al-Qalam through song lyrics.

Hamalik, O. (1994). Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Ismail, Thalib, S. B., Samad, S., dan Mahmud, R. (2016). The development of character education model to improve students’ academic independence in Islamic boarding school in Sinjai district, Indonesia. The New Educational Review, 46(4), 29-39.

Isnaini, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta'lim, 20(3), 445-450.

Kementerian Agama RI. (2008). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putera.

Kofler-Westergren, B., Klopf, J., dan Mitterauer, B. (2010). Juvenile delinquency: Father absence, conduct disorder, and substance abuse as risk factor triad. International Journal of Forensic Mental Health, 9(1), 33-43.

Leatherdale, S., dan Manske, S. L. S. (2005). The relationship between student smoking in the school environment and smoking onset in elementary school students. Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, 14(7), 1762-1765.

Liang, J. (2016). A revisit of ‘Moral and Character Education’ subject in junior-high school in China. China Journal of Social Work, 9(2), 103-111.

Meria. A. (2012). Pendidikan Islam di era globalisasi dalam membangun karakter bangsa. Al-Ta'lim, 19(1), 87-92.

Miller, T. W., Kraus, R. F., dan Veltkamp, L. J. (2005). Character education as a prevention strategy in school-related violence. The Journal of Primary Prevention, 26(5), 455-466.

Morgan, B., Gulliford, L., dan Kristjánsson, K. (2017). A new approach to measuring moral virtues: The multi-component gratitude measure. Personality and Individual Differences, 107, 179-189.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Muzayanah, U. (2014). Manajemen madrasah sebagai media strategis pendidikan karakter. Analisa, 21(2), 279.

Newberry, A. L. dan Duncan, R. D. (2001). Roles of boredom and life goals in juvenile delinquency. Journal of Applied Social Psychology, 31(3), 527-541.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Putra, A. H. S. (2015). Manajemen kurikulum berbasis karakter pada satuan pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(1), 65-74.

Sa’adah, F. (2016). Pendidikan karakter di madrasah salafiyah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 311.

Stoeber, J., dan Yang, H. (2016). Moral perfectionism and moral values, virtues, and judgments: Further investigations. Personality and Individual Differences, 88, 6-11.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Cet. XI. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. (1988). Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Supa’at. (2014). Model kebijakan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, I(1), 203-225.

Susanti. R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta'lim, 20(3), 480-487.

Wahyu. (2013). Masalah dan usaha membangun karakter bangsa. Jurnal Komunitas, 3(2).

White, R., dan Warfa, N. (2011). Building schools of character: A case-study investigation of character education's impact on school climate, pupil behavior, and curriculum delivery. Journal of Applied Social Psychology, 41(1), 45-60.

Yaumi, M. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. (Cet: I),




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Baderiah Baderiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats