Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Dedyerianto Dedyerianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh internet (Media Belajar) terhadap Kemandirian Belajar siswa  kelas IPA pada SMA di Kota Kendari; 2) Menganalisis pengaruh internet (Media Belajar) terhadap hasil belajar siswa kelas IPA pada SMA di Kota Kendari; 3) Menganalisis pengaruh sosial media terhadap Kemandirian Belajar siswa  kelas IPA pada SMA di Kota Kendari;  4) Menganalisis pengaruh sosial media terhadap hasil belajar siswa  kelas IPA pada SMA di Kota Kendari; 5) Menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap Hasil Belajar siswa  kelas IPA pada SMA di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket (Kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi di empat SMA di Kota Kendari. Teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel yang terdiri dari 332 peserta responden. Teknik analisis data untuk menjawab permasalahan pada hipotesis penelitian ini adalah menggunakan analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) internet (media belajar) memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar dengan nilai sig. 0,402 pada p-value 0,000; 2) Internet (Media Belajar) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai sig. 0,278 pada p-value 0,000; 3) Sosial media tidak memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar dengan nilai sig. 0,002 pada p-value 0,967; 4) Sosial Media memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai sig. – 0,163 pada p-value 0,002 dan 5) Kemandirian Belajar tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai sig. - 0.091 pada p-value 0,111.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Maman, Sambas A.L. dan Somantri Ating. Dasar-dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung : Pustaka Setia. 2011

Adri, Muhammad. Makalah dalam rangka Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. 2007

Ahira,Anne (2011). Pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa. Diakses dari http://annaahira.com. Diakses 20 september 2018

Alfiyana Khoiratun. 2014. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2016. Infografis Penetrasi dan Perilaku Penggunaan Internet Indonesia Survei 2016. (Akses : www.apjii.org.com. 13 desember 2017)

Buente, Wayne dan Alice Robbin. 2008. “Trends in Internet Information Behavior: 2000 - 2004”. Journal of the American Society for Information Science, diakses tanggal 27 agustus 2018, tersedia pada https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/asi.20883

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Elfan Rahardiyan K. Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Internet dan Dampaknya pada Pelajar SMAN 9 Surabaya ). Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. journal.unair.ac.id/filerPDF/ln5ba2011865full.pdf

Elis Wartini. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Musharafa.Vol.5, No.2 (Mei 2016) H.180

Fauzi. A. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2008

Gozali. Imam. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. 2011

Hamka. Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Palu. Jurnal Studia Islamika. Vol. 12. No. 1. 2015

Hamzah. B. Uno. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. 2010

Hardjito. Internet untuk pembelajaran (online), (http://www.pustekom.go.id/teknodik/t10/10-3.htm. diakses 12 september 2018

Horrigan, John B. 2002. New Internet Users: What They Do Online, What They Don’t, and Implications for the ‘Net’s Future, tersedia pada http://www.pewinternet.org/pdfs/New_User_Report.pdf

Hurlock, Elizabeth, B., Psikologi Perkembangan. (Jakarta: Erlangga, 2000) h. 58.

Irenne Larasati. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linear Satu Variable Pada Siswa Kelas VII-C SMP Bopkri 1 Yogyakarta 2015/2016” Jurnal Pendidikan Matematika ,Vol.3,No.2,(Februari 2016) H.20

Irzan. T. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Jarak Jauh. (online//” Jurnal Pendidikan terbuka dan jarak jauh.html. diakses 05/11/2018)

Ismail. K. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar IP Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja Oku Timur. Semarang : Universitas Negeri Semarang, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol. 1, No. 1, Februari 2017: Page 58-64 ISSN 2549-1377 (Print) || ISSN 2549-1385 (Online)

Khairuni. N. Dampak Positif dan Dampak Negatif Sosial Mdia Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Banda Aceh : UIN-As-Raniry. Jurnal Edukasi. Vol. 2. No. 1. 2016

Liaw a, Huang, Chen. 2006. Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning, Taiwan: Department of Computer Science & Information Engineering National Central University.

Listyanto. A.D & Munadi. S. Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa SMK. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 3. No. 3. November 2013.

Moch. Masykur Ag dan Abdul Halim Fathoni, Mathematical Intelligence, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007 )h. 32

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,(Bandung:Remaja Rosdakarya,2002),h.93

Muhidin. S. A. dan Abdurahman. M. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia. 2009

Nunuk Mujisuciningtyas. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Praktik Di Smk Negeri 2 Tuban. Tuban :2014. Vol. 2. No. 1, Tahun 2014

Purwanto. Evaluasi Hasil Balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2011

------------. Evaluasi Hasil Balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2014

Ramdani. M. Pengaruh Sosial Media (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Siangaperbangsa (UNISKA) Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana. Vol.1 No. 1. 2016

Rasyidah. D.S. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Jenis-jenis Media sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Karangdowo Klaten. Surakarta : FTIK IAIN Surakarta. 2017

Reza. P. dkk. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Pontianak : Universitas Tanjung Pura. 2014

Rulli Nasrullah. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media. 2015

Rodriguez, Paton. 2005. Journal of Educational Tecnology. An Instructional model for web-based e-learning education with a blended learning process approach,36(2). British : Universidad Politecnica de Madrid.

Shahab, Alwi. 2000. Internet Bagi Profesi Kedokteran. Jakarta: EGC.

Shirley, Alexander. 2001. Paper presented at conference Technological Demands on Women in Higher Education. South Africa: Bridging the Digital Divide.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. 2012

Sobur. Alex, Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah ( Bandung : CV Pustaka Setia, 2003 ) Hal.219

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarsa Offset. 2014

Sudjana,Nana. 1989. Dasar – dasar proses belajar mengajar. Bandung : sinar baru algensido offset).

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran ( Bandung : CV Wacana Prima, 2007 ) h. 59

Suprijono. A. Cooperative Lerning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2013

Susanto. A. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group. 2014

Susena, E dan Lestari A. 2014. Dampak Penggunaan Internet Terhadap Kecerdasan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Daerah Pedesaan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah Pedesaan. Jurnal Sainstech Politeknik Indonesia Surakarata. ISSN : 2355-5009. Vol. 1. No. 2 Th, 2014

Tek, O. E. 1998. The Effect Of Cooperative Learning on The Mathematics of Form 4 Studies In Malaysia Secondary School. Journal of science and mathematics education in southeast Asia. 21 (2):57.

Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementrian Perdagangan RI. ISBN : 978-602-9179-03-3. 2014

Tirtarahardja, Umar dan Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005

Udin Syaifuddin. S. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2008

Wijaya. Agus. Kontribusi penggunaan media sosial, lingkungan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhamadiah kartasura. Universitas muhammadiyah Surakarta: Surakarta.2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dedyerianto Dedyerianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats