Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Sitti Aisyah Mu'min, Nova Sarfadillah Yultas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas penerapan metode bermain dengan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK IKLAL Matabondu.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan penilaian. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan penilaian. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Anak dikatakan berhasil dalam penelitian ini apabila hasil penilaian mencapai 75% dari jumlah anak.minimal memperoleh bintang 3 (***) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode permainan menyusunan puzzle di TK IKLAL Matabondu dapat diketahui sebagai berlikut (1) pada tes awal secara klasikal mencapai 36% atau 4 orang anak didik dari 11 orang anak didik berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). (2) Setelah  tindakan siklus 1 keberhasilan secara klasikal menjadi 55% atau 6 orang anak didik dari 11 anak didik berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH). (3) Pada siklus II perkembangan kognitif anak meningkat menjadi 82% yaitu 6 orang anak didik dari 11 anak didik berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak didik berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yaitu minmal 75% anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), artinya anak sudah mampu mengerajakan /menyelesaikan kegiatan/tugas dengan baik

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Sitti, Dkk. 2008.Perkembangan Dan Konsep Dasar Anak Usia Dini.

Jakarta : Universitas Terbuka.

Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta didik.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Ilma Rofidatul, Penerapan Media Game Puzzle Untuk meningkatkan

kemampuan Kognitif Anak Kelompok A1 Dalam Mengenal Bilangan,

http://repository.unej.ac.id, di akses pada 13 Februari 2018

Ilma, R. (2016). Penerapan Media Game Puzzle Untuk Meningkatkan

Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A1 Dalam Mengenal Bilangan Di Tk Dharma Wanita Grenden Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Julianti.2014. Penerapan media Game Puzzlemuntuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri malang. Malang : IKIP Budi Utomo.

Johni dimyanti. 2014.metedologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Levina. 2004. A Mind At A time. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Saropah Sitti. 2018.MeningkatkanKemampuanKognitifDalamMengenal

Urutan Angka 1-10 MelaluiPermainanPuzzle PadaAnak Umur4-≤5

tahun, http://simki.unpkediri.ac.id, di akses pada 6 Februari 2018.

Soebachman,Agustina. 2012. Pemainan Asyik BikinAnakPintaR.Yogyakarta:

IN AzNaBooks.

Sudono, 2000. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Anak Usia dini.

Jakarta : PT Grasinda.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Bintang Pustaka abadi.

Yulianty.2008. Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasaan Anak.Jakarta :

Laskar Askara.

Zulkifli. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Zaman, Badru, dkk.Media dan Sumber Belajar TK.Jakarta : universitas

Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sitti Aisyah Mu'min

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats